BMKG Ingatkan Gelombang di Perairan Bengkulu Capai 4 Meter, Hati-hati!
Nelayan tidak melaut akibat gelombang tinggi. ANTARA/dokumen

Bagikan:

PALEMBANG - Gelombang di perairan provinsi Bengkulu dapat mencapai ketinggian empat meter berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Anang Anwar, Kasi Data dan Informasi BMKG Bengkulu, mengungkapkan jika gelombang tinggi mencapai empat meter terjadi di wilayah perairan Pulau Enggano.

"Sedangkan gelombang tinggi mencapai 3,5 meter akan terjadi di sebagian wilayah perairan Bengkulu," kata Anang di Bengkulu, Rabu, 22 Desember.

Pergerakan Angin di Wilayah Sumatera ke Samudera Hindia

Ia menjelaskan, hal tersebut disebabkan karena adanya tekanan rendah yang menyebabkan angin dari wilayah barat daya Bengkulu tertarik langsung ke wilayah rendah.

Kemudian pergerakan pola angin dari wilayah utara pulau Sumatera ke wilayah Barat Daya Samudera Hindia mencapai 30 knots atau 60 kilometer perjam.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk berhati-hati saat mengunjungi wisata pantai di Bengkulu.

Serta bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai diminta untuk berhati-hati dan menghentikan sementara aktivitasnya di perairan pantai.

Sementara itu, Provinsi Bengkulu juga diperkirakan dilanda hujan lebat disertai dengan angin kencang.

Daerah Zona Waspada Bencana di Bengkulu

Ada tiga daerah yang masuk dalam zona waspada bencana di Provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Kepahiang.

Kata dia, sedangkan tujuh daerah lainnya yaitu Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Utara.

Kabupaten Kaur, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Mukomuko berada di zona siaga bencana. Demikian dilansir Antara.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.