5 Makanan yang Terbuah dari Pelepah Pisang, Sudah Pernah Mencicipinya?
Ilustrasi makanan (Unsplash/Miklail Nilov)

Bagikan:

PALEMBANG- Sejak zaman dahulu, pelepah pisang dimanfaat untuk membuat beberapa kerajian, salah satunya wayang. Mungkin Anda tidak mengira bahwa batang pisang juga diolah sebagai makanan sehari-hari di beberapa daerah di Indonesia.

Penasaran dengan jenis makanan tersebut? ya , tersebutlah tannin, glukosa, dan kalium yang terkandung dalam batang pisang. Selain jantung pisang yang nikmat di sayur lodeh maupun campuran pecel, batangnya juga bermanfaat dan bernutrisi.

BACA JUGA:


Pisang merupakan tumbuhan suku  Musaceae  yang mudah dikembangbiakkan di kawasan tropis dan kelembapan sedang. Di daerah dengan curah hujan tinggi, pisang dapat tumbuh dan berbuah sepanjang tahun.

Pelepah atau dikenal juga dengan  gedebog  pisang mengandung banyak serat dan tidak jarang diolah menjadi aneka ragam hidangan di bawah ini.

jukut ares

jukut ares  adalah makanan dari Bali berupa sayuran berbahan pelepah pisang yang masih muda. Saat musim hujan, pohon pisang banyak tumbuh tuna. Karena itu dapat diolah menjadi kebutuhan rumah tangga untuk lauk dan penghangat tubuh kala musim penghujan.

Rasa  jukut ares  seperti labu oyong yang cenderung tawar. Namun, ketika diolah oleh tangan-tangan terampil, rasanya gurih dan pekat.

Agar gurihnya lebih berpendar, ketika memasak ditambahkan tulang itik atau ayam. Belum lagi aroma serai, daun salam, dan lengkuas yang menambah harum masakan daerah Bali.

Supaya tidak keras ketika dimasak, jukut dicampur garam dan diremas-remas hingga lemas. Ketika Anda berwisata ke Bali, dapat menemukan restoran tradisional di tepian jalan kawasan Kabupaten Tabanan. 

Pa piong bura

Dari Pulau Bali meluncur menuju Sulawesi Selatan , Tana Toraja. Di kawasan ini terdapat kuliner lezat disebut  pa piong bura. Secara pengolahan,  pa piong bura  berbeda dengan  jukut aresPa piong bura  secara tekstur seperti serundeng.

Diolah dengan dibakar dan ditambah lagi dapat dicampurkan kelapa agar lebih legit. Pa piong bura  bisa dicampurkan dengan ikan, daging ayam atau daging babi. Pada umumnya,  pa piong bura  akan selalu dihidangkan saat acara-acara adat.

Rujak pelepah pisang

Kalau masakan yang ini, terkenal dari Thailand dan India. Untuk rasa, rujak dicampur dengan tomat, buncis, ebi, dan cabai rawit. Rujak batang pisang teras segar dan pedas.

Gapah kari bak pisang

Masakan berbahan batang pisang selanjutnya dari Aceh. Sudah pernah mencicip masakan berbumbu kari khas Aceh? Seperti itulah lezatnya  gapah kari bak pisang . Gurih, legitnya santan berpadu di mulut ketika sejak suapan pertama seluruh isi piring habis.

Keripik batang pisang

Di berbagai daerah di Jawa Timur maupun Jawa Tengah memproduksi keripik batang pisang. Mulai dari Bojonegoro hingga Wonogiri mengolah batang pisang menjadi camilan krispi dengan berbagai rasa.

Pengolahan keripik pelepah pisang membutuhkan waktu kurang lebih dua minggu. Proses ini dilakukan untuk memastikan getahnya hilang dan menjaga kualitas rasa.

Menarik bukan makanan-makanan yang berbahan pelepah pisang? Jangan lupa saat Anda melakukan perjalanan ke kawasan di atas.Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .