Tips Mengatasi Masalah Keuangan Rumah Tangga Bersama Pasangan
Ilustrasi mengatur keuangan (Karolina Grabowska/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Sebuah pepatah lama mengatakan bahwa uang bukanlah segala. Tapi kenyataan banyak masalah yang muncul karena faktor keuangan. Salah satunya adalah masalah keuangan dalam berumah tangga.

Pengelolaan uang yang tidak baik bisa menimbulkan pertengkaran antara pasangan. Agar topik mengenai uang tidak menjadi satu perkara besar yang bisa mengancam rumah tangga Anda, berikut adalah tips mengatasi masalah keuangan dalam rumah tangga.

Jujur

Bersikap terbuka kepada pasangan mengenai pendapatan yang diterima atau masalah finansial yang sedang dihadapi seperti terlilit utang. Menyembunyikan sesuatu justru akan membuat masalah tidak kunjung selesai, apalagi perihal keuangan.

Jangan menyalahkan

Tidak perlu saling menyalahkan jika rumah tangga Anda terjebak dalam masalah keuangan. Daripada saling menuduh dan menyalahkan, lebih baik segera cari solusi bersama. Ingat, pernikahan ini melibatkan Anda dan pasangan jadi kerja sama sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah.

Buat tujuan

Tidak hanya tujuan hidup masing-masing, sebaiknya Anda dan pasangan juga membuat tujuan bersama baik untuk jangka panjang dan pendek bersama pasangan supaya keuangan pun bisa disesuaikan demi mencapai tujuan tersebut.

Bagi tugas

Tentukan bagaimana Anda dan suami akan membayar segala pengeluaran bersama sejak awal, sehingga pengaturan anggaran pun akan jelas dan tidak membuat salah paham.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.