5 Keterampilan Utama Hidup yang Harus Dimiliki Agar Dapat Mengatasi Masalah Rumah Tangga
Ilustrasi keterampilan menyelesaikan masalah dalam hubungan percintaan (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG- Masalah dalam hubungan adalah hal biasa yang bisa dialami oleh setiap pasangan. Bahkan ada yang menganggap hubungan tidak wajar atau tidak biasa jika tidak mengalami masalah. 

Tetapi, seseorang perlu memiliki keahlian tertentu sehingga dapat dicapai dengan nyaman menurut pendapat terbang ke arah. Menurut Bob Taibbi, LSCW, psikolog klinis yang telah berpengalaman selama 45 tahun, menyelesaikan masalah seperti proses memasak. Jelasnya, membutuhkan kemampuan dasar seperti menyiapkan bahan masakan, memilih kualitas terbaik, hingga menghasilkan makanan yang lezat.

Seperti analogi Taibbi, hubungan juga membutuhkan perlakuan yang sama seperti memasak. Ia menjelaskan tentang lima keterampilan yang perlu dimiliki setiap orang pasangan dalam menyelesaikan masalah hubungan.

1. Mengendalikan amarah

Ukuranpun amarah, baik gelombang maupun tsunami, tetap saja perlu dikendalikan agar bisa menjalankan hidup lebih mudah. Banyak sekali cara untuk mengendalikan amarah. Seperti halnya dengan napas hingga mengelola emosi dengan mengembangkan sikap welas asih. Pastinya, setiap orang pernah berjuang untuk mengendalikan amarah.

2. Tidak banyak mengontrol

Kontrol sering dengan kecemasan dan mengendalikan. Bagi mereka yang banyak mengontrol, pasti berkaitan dengan kekuasaan, pemanfaatan, dan penggunaan orang lain sebagai objek untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Jika Anda sering merasa dikontrol oleh pasangan, mereka bisa merasakan banyak kecemasan. Sebaliknya, orang yang mempercayai Anda menjalankan peran atau Anda mempercayai pasangan bersama peran yang ia jalankan, maka masalah tidak akan sulit untuk teratasi.

3. Enggak suka cari-cari masalah

Memberikan komentar tentang suatu masalah yang bukan masalah bisa melahirkan masalah yang lebih besar. Seperti menganggap bahwa pasangan Anda terlalu kaku, kurang romantis, malas, dan lain sebagainya. Kalau suka cari-cari masalah, tentu bukan hal yang bijak dalam hubungan. Mereka yang dengan mudah menyelesaikan masalah, jarang berlagak. Mereka akan memahami apa yang dilakukan dan dimiliki serta bagaimana menanganinya.

4. Menggali akar masalah

Masalah kadang terselubung, sehingga perlu mencari akarnya agar bisa diselesaikan dengan mudah. Tidak apa-apa jika Anda atau pasangan melakukan kesalahan. Tetapi yang penting adalah belajar dari kesalahan dan menjadi lebih baik.

5. Bisa berkompromi

Keras hati adalah sikap yang tak bijak. Oleh karena itu, setiap orang yang berpasangan perlu berkompromi. Kompromi, terang Taibbi, bukan soal kalah-menang. Tetapi masing-masing dapat memperjelas tetang apa yang terpenting dan menegosiasikan kesepakatan.

Itulah keterampilan yang perlu Anda dan pasangan miliki untuk mempermudah hubungan. Bahkan keterampilan tersebut bisa menjadi kekuatan ketika masalah datang bertubi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.