5 Tanaman Air yang Dapat Membersihkan Kolam Ikan, Tak Cuma Indah dan Menyegarkan
Lustrasi air (Ricardo Esquivel/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Kolam ikan yang banyak digunakan untuk menghias dan penambah suasana asyik sebuah rumah. Suara gemericik air akan membuat suasana menjadi lebih asri, ikan-ikan yang berenang ke sana ke mari membuat hati merasa damai, tanaman air mempercantik tampilan kolam, dan pemandangan taman rumah pun jadi lebih indah.

 Tapi, penghuni rumah memiliki pekerjaan rumah lebih yakni membersihkan kolam ikan yang kotor secara rutin. Kolam ikan mudah menjadi kotor akibat kotoran ikan, debu, dan juga lumut yang tumbuh. Kolam ikan kotor ini jika dibiarkan lama bisa memungkinkan tampilan taman dan menciptakan lingkungan yang tidak sehat bagi ikan.

Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan kolam ikan secara rutin, tanam saja beberapa tanaman air yang bisa membersihkan lumut atau debu pada kolam berikut ini!

1. Pisang Air

Tanaman air yang pertama adalah pisang air. Diberi nama demikian karena bentuknya seperti pohon pisang yang ada di daratan, hanya saja tanaman air ini berukuran lebih kecil. Daun agak mirip juga dengan daun talas. Tanaman air yang satu ini bisa tumbuh tinggi dengan daun yang bergelombang hingga panjang 1,5 meter. Akan cocok untuk kolam ikan berukuran besar dan mencegah air kolam menjadi terlalu panas di siang hari.

2. Bambu Air

Jika bambu umumnya ditanam di atas tanah dan bisa tumbuh tinggi, maka tanaman air yang satu ini hidupnya di dalam air sesuai dengan namanya. Bambu air memiliki bentuk yang menyerupai tanaman bambu asli, hanya saja ukurannya lebih kecil. Tingginya hanya sekitar 25 hingga 100 cm saja. Untuk diameter batangnya sendiri, tanaman air ini maksimal tumbuh hingga 3 cm saja. Tanaman air berwarna hijau ini cocok diletakkan di sekeliling kolam ikan sebagai pembatas.

3. Kala Lili

Tanaman air yang berikutnya tidak hanya mampu membuat kolam ikan menjadi lebih bersih, tapi juga mempercantiknya. Pasalnya, tanaman air kala lili ini berupa bunga yang layak disandingkan dengan bunga-bunga di daratan.

Warnanya putih bersih dan bentuknya menyerupai mulut terompet. Sekilas terlihat seperti bunga plastik. Tanaman air yang cantik ini juga memiliki aroma yang lembut sehingga waktu bersantai di pinggir kolam akan menjadi lebih menyenangkan.

4. Ganggang Rantai

Ganggang rantai adalah kadar air yang bersifat oksigenasi alias meningkatkan oksigen di dalam kolam sehingga air tetap jernih dan ikan mendapat asupan oksigen yang cukup. Tanaman air yang satu ini bentuknya seperti semak-semak dan semua bagiannya bisa dibiarkan di dalam udara.

Satu tandan ganggang rantai bisa bekerja efektif untuk setiap 3 meter persegi kolam ikan. Selain membersihkan kolam ikan, tanaman air ini juga bisa digunakan untuk berteduh dan berlindung oleh anak ikan.

5. Papirus Payung

Papyrus payung memiliki batang dengan ujung yang dipenuhi daun-daun panjang kecil. Tanaman air yang berwarna hijau di seluruh bagiannya ini tumbuh secara bersamaan. Bagian akarnya ada di dalam air dan daun-daunnya menyembul di bagian atas. Daunnya yang cukup lebat bisa dimanfaatkan untuk peneduh ikan-ikan di dalam kolam.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .