Menilik Teh Tubruk vs Teh Celup, Mana yang Lebih Sehat?
Teh Celup (Skitter Photo/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG- Tak hanya di Jepang, Masyarakat Indonesia juga memiliki kebiasaan minum teh di pagi hari, saat cuaca dingin, setiap makan, hingga ketika sedang bersantai menjadi kebiasaan orang Indonesia. Jangan lupa, pilihan tehnya pun beragam, mulai dari teh hijau, hitam, oolong, teh bunga, dan teh putih.

Sedangkan dari kemasan, ada teh tubruk dan teh celup. Meski teh celup kerap dipilih karena lebih praktis, namun bukan berarti penggemar teh tubruk jadi berkurang. Baik rasa maupun aroma, teh tubruk tetap menjadi favorit di sebagian kalangan masyarakat. Lalu untuk urusan kesehatan , mana yang lebih baik, teh celup atau teh tubruk?

Pengolahan Daun Teh Menjadi Sajian Minuman

Steve Schwartz, pendiri dan CEO  Art of Tea  seperti dikutip  The Kitchn  mengatakan bahwa sebelum dijadikan teh celup yang dimasukkan dalam kantung teh, daun teh harus diolah menjadi potongan-potongan yang sangat kecil. Hal ini ternyata bisa membuat kandungan kafein di dalam teh serta aromanya berkurang dengan signifikan. 

Emma Beckett, peneliti  Human Molecular Nutrition  dari Scholl of Medicine and Public Health, University of Newcastle serta Quan V Vuong, pengajar senior  Food Science & Human Nutrition  juga menyebutkan bahwa tidak hanya menurunkan kafein, rasa dari teh celup juga berkurang dan tidak alami layaknya teh tubruk.

Menurut mereka, daun dalam teh tubruk mengandung lebih banyak bahan bioaktif karena permukaannya lebih lebar dan umumnya menggunakan kualitas daun yang lebih baik. Sedangkan daun teh celup dipotong kecil-kecil dan ini membuat isi di dalamnya lebih mudah menguap.

Teh tubruk memiliki aroma dan wewangian yang cenderung lebih tajam dan nikmat, sangat kontras dibandingkan dengan aroma dan rasa teh celup yang terbatas dan bahkan sudah tercampur dengan perasa lain seperti, melati, dan vanila.

Kandungan Kafein di Dalam Teh

Di dalam teh sendiri, kandungan kafein dan katekin cenderung sudah terdegradasi dalam waktu yang lama sehingga kandungan antioksidan dalam teh ini sudah memudar. Penggunaan teh ternyata juga bisa menurunkan kandungan katekin pada minuman ini.

Melihat adanya fakta ini, maka dapat dikatakan bahwa teh tubruk memiliki lebih banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh dibandingkan dengan teh celup.

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI dengan judul  Teh Tubruk vs Teh Celup, Mana Lebih Sehat? . Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel .