Viral Informasi Bumbu Masak Masako, Ajinomoto dan Indomie Goreng Mengandung Babi, Bagaimana Faktanya?
Ilustrasi hoaks WhatsApp (Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG - Informasi mengenai bumbu masakan yang mengandung babi tersebar di WhatsApp. Dalam pesan berantai itu disebutkan nama beberapa produk besar bumbu masak yang sering digunakan di Indonesia.

Pesan tersebut menyampaikan sebuah narasi dengan keterangan, yakni hasil penelitian dari Pondok Wali Barokah, Burengan, Kediri terhadap 8 bumbu penyedap yang tidak semuanya halal. Sebanyak 4 bumbu positif mengandung babi, sedangkan sisanya tidak.

"Positif mengandung babi, yaitu Masako, MSG Sasa, MSG Ajinomoto, dan bumbu Indomie Mi Instan Goreng," demikian bunyi dalam pesan berantai sebagaimana dilansir dari turnbackhoaks, Rabu, 30 Juni.

Bumbu Masakan Halal Berdasarkan LPPOM MUI 

Berdasarkan hasil penelusuran, daftar bumbu penyedap yang mengandung babi itu tidak benar.

Melalui situs halalmui.org, LPPOM MUI memastikan kehalalan produk Masako, MSG Ajinomoto, MSG Sasa, dan bumbu Indomie Mi Instan Goreng berdasarkan hasil audit yang tertuang dalam Surat Pemberitahuan DN16/Dir/LPPOM MUI/IX/20.

Bumbu Masakan yang Mengandung Babi

"Dari berbagai fakta di atas, pesan berantai WhatsApp itu dikategorikan sebagai Konten yang menyesatkan," demikian turnbackhoaks. 

Fakta mengenai bumbu penyedap makanan yang memiliki kandungan babi sebelumnya pernah beberapa kali dibahas oleh turnbackhoaks dalam artikel berjudul "[SALAH]Daftar Bumbu Masakan Mengandung Babi dan [SALAH] “MUI Mengeluarkan Daftar Bumbu dan Makanan yang Mengandung Babi.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.