Cara Merawat Teratai agar Subur dan Mudah Berbunga, Bikin Taman Makin Eksotis
Ilustrasi tanaman teratai atau dikenal dengan bunga seroja (Unsplash/David Clode)

Bagikan:

PALEMBANG - Bunga teratai memiliki keindahan yang eksotis. Tanaman yang tumbuh di air ini ada berbagai macam warna, mulai ungu, merah, merah muda, hingga kuning.

Banyak yang hobi memelihara bunga teratai untuk memperindah kolam rumah. Tetapi tidak jarang tanaman bisa 'ngambek' dan enggak berbunga.

Lalu bagaimana tips merawat tanaman teratai agar rajin berbunga dan tetap subur?

Perbedaan Bunga Teratai dan Lotus

Dilansir Flowerian, acap mencengangkan membedakan teratai dan lotus. Kedua tanaman ini memang hidup pada media tanam air. tetapi memiliki genus yang berbeda. Tanaman teratai merupakan genus Nymphaea, sedangkan lotus masuk genus Nelumbo.

Yang paling bisa membedakan kedua tanaman ini adalah struktur bunganya. Tangkai bunga teratai tidak terlihat sehingga seolah mengambang di atas udara. Warna bunganya bermacam-macam, ada yang putih hingga ungu.

Berbeda dengan bunga teratai, tangkainya vertikal pada permukaan air dan warna kelopaknya terang terang agak buram.

Meskipun memiliki genus dan karakter bunga yang berbeda, tetapi perawatannya cenderung sama. Bunga teratai kerap disebut juga dengan water lily atau lili air. Ada juga yang disebut dengan bunga seroja. Media tanam tak hanya air, tapi perlu diberi lumpur.15 Jun 2021 1

Tips Merawat Bunga Teratai Agar Subur dan Berbunga Indah

Pertama, dalam meletakkan vas atau pot tanaman teratai perlu paparan sinar matahari. Tanaman ini membutuhkan cukup cahaya untuk berfotosintesis. Bila kurang cahaya, tanaman teratai bisa mengalami pembusukan.

Kedua, beri pupuk seminggu sekali. Meski memiliki media tanam yang unik, tanaman teratai tetap membutuhkan asupan nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. Disarankan untuk memberikan satu genggam pupuk kandang dicampur satu sendok makan NPK.

Ketiga, perlu rajin mengecek kondisi udara. Yang dicek pertama adalah jentik-jentik yang berkembang di sana. Jentik-jentik bisa diatasi dengan memberikan abate dua minggu sekali. Tenang, obat jentik abate tidak akan merusak akar dan daun tanaman teratai.

Cara kedua untuk menghilangkan jentik nyamuk yaitu dengan rajin mengganti airnya. Dan cara terakhir, berikan minyak sayur pada air untuk mencegah nyamuk bertelur.

Keempat, siangi daun-daun yang menguning dan cek kondisi daunnya secara rutin. Ini juga meminimalisir adanya serangga yang mengganggu.

Kelima, berikan zat perangsang tumbuh (ZPT) agar pembentukan bunga lebih cepat. Jika mengurangi bahan kimia di kebun Anda, bisa memberikan air rendaman sabut kelapa secara rutin.

Paling penting dipahami adalah bahwa ketika tanaman tumbuh di pinggiran kota, maka ia akan berbunga secara alami. Ini berarti, merawat dengan kelima cara yang perlu dilakukan untuk menjaga kesuburan tanaman teratai.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel .