Rambut Sering Ronotk? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi Rambut Rontok (Elements Digital/Pexels)

Bagikan:

PALEMBANG - Sebuah peribahasa lama mengatakan rambut adalah mahkota kepala. Banyak yang menyebutkan bahwa rambut punya peran penting meningkatkan kecantikan seseorang.

Oleh karena itu, bagian tubuh yang perlu dirawat sebaik mungkin. Namun jika rambut mudah rontok sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan. 

Jika anda mengalaminya, hati-hati. Kondisi ini secara perlahan dapat mengakibatkan penipisan rambut atau kebotakan lepasnya rambut secara berlebihan.

Sebuah studi mengemukakan bahwa normalnya rambut seseorang akan lepas atau rontok sekitar 50-100 helai setiap hari. Banyak faktor yang dapat menyebabkan siklus pertumbuhan rambut terganggu, hingga berdampak pada kerontokan rambut.

Dikutip dari  Only My Health, berikut ini kemungkinan penyebab rontoknya rambut Anda:

Kekurangan protein dan zat besi

Protein supan terlalu rendah dapat membantu struktur rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Bukan hanya itu, kekurangan zat besi menyebabkan kelelahan sehingga tubuh menjadi lemah dan kulit menjadi pucat.

Anda juga mungkin akan mengalami sakit kepala berulang, susah konsentrasi, termasuk mengalami kerontokan rambut.

Rambut rusak karena produk

Penggunaan produk perawatan rambut berbahan keras, seperti cat rambut,  bleaching  rambut, atau kebiasaan menggunakan pemanas rambut menjadi penyebab rambut rusak, lalu rontok.

Tanpa disadari, kurang tepat memilih sampo dapat menjadi salah satu faktor penyebab kulit kepala tidak sehat dan memicu kerontokan rambut.

Oleh karena itu, penting untuk memilih sampo dengan formula tepat untuk menutrisi rambut serta kulit secara menyeluruh. 19 Jan 2021 22:05

stres

Stres juga bisa menyebabkan rambut rontok pada wanita maupun pria. Dalam medis, masalah seperti ini dikenal dengan istilah  telogen effluvium . Seorang penderita  telogen effluvium  umumnya menyadari kerontokan rambut sekitar enam hingga tiga bulan setelah pengalaman stres berat.

Perawatan rambut berlebih

Karena memiliki rambut rontok, beberapa orang biasa mencegahnya dengan melakukan berbagai perawatan rambut rontok. Namun perawatan rambut justru justru dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Misalnya menyisir rambut terlalu kuat, keramas terlalu sering, serta dikombinasikan dengan penggunaan kondisioner ekstra kuat.

Rambut rontok memang bisa ditangani dengan penanganan medis, namun Anda juga bisa mencoba berbagai cara alami mengatasi rambut rontok yang mudah dilakukan di rumah.

Di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok seperti dikutip dari laman  Healthline :

Lidah buaya

Lidah buaya sudah lama digunakan untuk merawat rambut rontok. Fungsinya kulit kepala, mengurangi ketombe, dan membuka folikel rambut yang kelebihan kelebihan minyak.

Cara menggunakannya, oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut beberapa kali dalam seminggu.

minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya mengandung asam lemak yang bisa menembus dan menjaga kandungan protein pada rambut. Ini bisa digunakan sebelum atau dicuci rambut.

Untuk rambut sebaiknya, gunakan pada malam hari. Jika rambut kering, bisa digunakan sebagai perawatan harian.

lemon

Jus lemon atau minyak lemon dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya, oleskan pada kulit kepala sekaligus rambut dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu keramas rambut. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lemon sebagai masker rambut.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI .