Bukit Asam Boyong dua penghargaan Global Good Governance Awards
Alat-alat berat dioperasikan di pertambangan Bukit Asam (Foto dari VOI)

Bagikan:

PALEMBANG - Dua penghargaan internasional diraih oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dalam ajang International Global Good Governance Awards (3G Awards) yang digelar Cambridge IFA.

Adapun dua penghargaan yang diboyong oleh PTBA, di antaranya 3G ESG Championship Award untuk Indonesia di 2021 dab 3G Championship Award in Corporate Governance Reporting 2021.

Apollonius Andwie C, Sekretaris Perusahaan PTBA, dalam rilis pers, Rabu, penghargaan yang disiarkan langsung pada pekan lalu ini menyebut penilaian Good Governance menekankan pentingnya pertumbuhan berkelanjutan dalam konteks global yang mencakup konsep, kebijakan, hingga prakteknya.

Standar Penilaian Good Governance PTBA

Good Governance bukan hanya tentang mengambil keputusan dengan tepat, tetapi juga proses dalam pengambilan keputusan yang mengutamakan transparasi dan akuntabilitas, serta keadilan.

Penilaian Good Governance menekankan lima pilar, yakni transparansi, tanggung jawab sosial, keberlanjutan, dampaknya, dan inovasi.

Penghargaan yang dipelopori oleh Cambridge IFA ini diselenggarakan untuk mempromosikan praktik tata kelola terbaik (good gorvernance) mulai dari individu , pemerintah, lembaga publik, perusahaan swasta, hingga lembaga swadaya masyarakat.

Penghargaan 3G awards diselenggarakan pertama kali pada 2016 di Turki, dan hingga saat ini sudah membagikan sebanyak 150 penghargaan.

Penghargaan Internasional Dapat Mendukung Upaya Transformasi Bisnis PTBA

PTBA mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada perusahaan dalam penerapan ESG (Environmental, Social, Governance) karena perseroan selalu berkomitmen pada pengembangan dan penerapannya.

“Dengan tercapainya rating tersebut nantinya akan mendukung upaya transformasi bisnis PTBA, khususnya sebagai jaminan dalam bantuan pendanaan dalam pengembangan inisiatif-inisiatif strategis perusahaan,” kata Apollonius.

Saat ini ESG rating yang dikeluarkan oleh MSCI, PTBA adalah di level BBB pada tahun 2020 (salah satu yang tertinggi di industri sejenis), dan pada 2021 ditargetkan mencapai level A.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI.