Rawan Bencana Alam, BPBD OKU Bangun Posko Respon Cepat 24 Jam
Kepala BPBD Kabupaten OKU Amzar Kristopa. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Bagikan:

PALEMBANG - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) termasuk daerah rawan bencana alam, seperti banjir, angin puting beliung, dan tanah longsor. Untuk menanggulangi ancaman tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan,membangun posko Respon Cepat (RC).

Posko tersebut dibangun di lima kecamatan, yakni Ulu Ogan, Pengandonan, Semidang Aji, Lengkiti, dan Lubuk Batang. Tujuannya untuk menanggulangi peristiwa bencana alam secepat atau sendini mungkin. Hal itu diungkapkan kepada Amzar Kristopa, Kepala BPBD OKU, Sumatera Selatan.

"Apalagi di lima kecamatan tersebut dipetakan sebagai daerah rawan bencana alam sehingga perlu dibentuk Posko RC," katanya, di Baturaja, Selasa, 20 April.

Posko RC Bertugas Selama 24 Jam

Posko RC ini berfungsi sebagai sarana pemantauan dan monitoring agar jika terjadi bencana alam dapat segera ditanggulangi supaya tidak menimbulkan korban jiwa.

Posko yang dikelola oleh relawan ini bertugas memberikan pertolongan dan evakuasi jika terjadi bencana alam dalam waktu yang cepat selama 24 jam.

Tiap Posko Dijaga 7-15 Relawan

Jumlah relawan yang bertugas di setiap posko ini sebanyak antara 7-15 orang disesuaikan dengan domisili atau tempat tinggal relawan masing-masing.

"Jumlah relawan saat ini belum sama setiap kecamatan karena masih disesuaikan dengan domisili relawan masing-masing. Namun, kedepan direncanakan sebanyak 15-20 orang dan dibagi per shift lima orang piket setiap hari," ujarnya.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.