Mencicipi 9 Jenis Pempek, Dijamin Nikmat dan Nagih <i>Galo!</i>
Pempek Palembang (Instagram/@plgfoodmafia)

Bagikan:

SUMATERA SELATAN - Pempek merupakan makanan khas Palembang yang sudah terkenal seantero tanah air. Pempek lekat di lidah penikmatnya karena rasanya yang gurih bercampur asam. Rasa gurih terciptadari  bahan dasarnya yang berupa ikan. Sedangkan rasa asam didapatkan dari kuah atau cuko yang berwarna coklat.

Menariknya, tak banyak orang tahu, pempek rupanya  memiliki berbagai macam jenisnya. Setiap jenisnya memiliki keunikan dan rasa yang berbeda-beda. Biasanya orang-orang akan menyukai pempek jenis tertentu. Berikut bermacam-macam jenis pempek yang perlu banget anda coba ketika sedang berkunjung ke Palembang.

Pempek Panggang

Pempek tidak hanya dimasak dengan cara digoreng atau direbus saja. Namun pempek juga  bisa diolah dengan cara dipanggang. Pempek panggang bahkan cukup digemari. Khususnya bagi masyarakat yang menyukai adona pempek kering.

Bagian tekstur luar pempek panggang bersifat kering atau sedikit alot. Sedangkan bagian dalam atau tengahnya sangat lunak. Cara penyajian pempek ini cukup unik. Pempek ini dimakan dengan cara dibelah, kemuidan diberi ebi, cuko, dan cabe ijo pada belahannya.

Pempek Lenggang

Pempek satu ini merupakan potongan pempek yang dipanggang bersama telur. Pempek ini ditaruh di atas mangkuk yang terbuat dari daun pisang, lalu dipanggang.  Rasa gurih bercampuh pedas-manis dari pempek ini dijamin sukses memikat lidah anda. Ditambah aroma kesegaran dari lapisan daun pisangnya.

Namun kini, pempek lenggang banyak dibuat dengan cara digoreng. Banyak orang-orang yang membuatnya seperti menggoreng telur dadar. Tetapi jika berbicara rasa, tetap lebih mantap yang dipanggang dengan daun pisang.

Pempek Keriting

Dari namanya sudah bisa ditebak kalau pempek ini memiliki bentuk yang unik, yakni keriting. Boleh dibilang bentuk pempek keriting mirip otak atau buntelan benang ruwet.  Pempek keriting biasanya disajikan dengan cara direbus saja.

Pempek ini memiliki tekstur lebih lembut dari pempek lainnya. Namun ada sebagian orang yang lebih suka menyajikan pempek ini dengan cara digoreng. Pempek keriting yang digoreng memiliki tekstur yang kering atau garing. Namun soal rasa, tetap saja bikin nggak nahan.

Pempek Lenjer

Pempek yang satu ini menjadi jenis pempek yang cukup terkenal. Pempek lenjer disajikan dalam berbagai ukuran, mulai dari kecil hingga besar. Pempek lenjer besar biasanya dipotong menjadi kecil-kecil terlebih dahulu, baru kemudian disantap.

Pempek Kapal Selam

Kepopuleran jenis pempek yang satu ini memang tidak diragukan lagi. Pempek kapal selam merupakan jenis pempek yang paling banyak diminati. Pempek yang satu ini berisi telur di dalam adonannya. Cara penyajiannya pun ada yang besar dan yang kecil.

Pempek Belah

Pempek belah adalah jenis pempek lenjer yang berukuran kecil. Perbedaannya dengan pempek lenjer, pempek ini disajikan dengan cara dibelah seperti pempek panggang. Setelah dibelah, pempek ini disantap dengan diberi ebi, cuko, dan cabe ijo

Pempek Dos

Pempek dos menjadi jenis pempek yang cukup unik karena tidak menggunakan bahan dasar ikan. Pempek ini dibuat menggunakan bahan tepung kanji. Tekstur pempek dos lebih kering, namun kenyal dan lembut. Pempek ini juga biasa disebut sebagai pempek vegetarian. Bagi anda yang tidak suka makan ikan, silakan mencoba pempek dos.

Pempek Adaan

Pempek adaan memiliki bentuk yang berbeda dari pempek lain. Pempek yang berbentuk bulat ini diadon berserta potongan bawang dan santan. Pempek ini dimasak dengan cara langsung digoreng, tanpa direbus terlebih dahulu. Banyak yang mengatakan rasa pempek ini lebih sedap dan lebih gurih.

Pempek Kulit Krispi

Bagi anda penyuka makanan ‘kriuk’, pempek krispi perlu anda coba. Pempek jenis ini dibuat dari daging ikan bagian kulit. Kulit tersebut kemudian dibuat pipih, lalu digoreng sampai kering.

Itu tadi beberapa jenis pempek yang menunggu untuk anda cicipi satu persatu. Gimana kuliner ‘wong kito galo’ ini bikin ngiler semua kan. Jadi jika anda sedang berada di Sumatera Selatan jangan lewatkan sajian-sajian pempek tersebut.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI.