BMKG Peringatkan Enam Daerah di Sumatera Selatan Waspada Dampak Hujan Lebat pada 12-13 Agustus
Rumah penduduk di Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, dilanda banjir dengan ketinggianmencapai 2 meter, (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stamet Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang memperingatkan hujan lebat di Sumatera Selatan diprakirakan akan berlangsung 12-13 Agustus 2022. Enam daerah di provinsi ini diminta waspada terhadap dampak hujan lebat.

Ansori, Kepala Bidang Penanganan Darurat BPBD Sumsel, menyampaikan daerah tersebut yakni Kabupaten Muara Enim (Kecamatan Semendo Darat Tengah, Semendo Darat Ulu, Semendo Darat Laut), Ogan Komering Ulu (Kecamatan Ulu Ogan).

Selanjutnya, Lahat (Mulak Ulu, Tanjung Sakti Pumi, dan Kota Agung), Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (Kecamatan Buana Pemaca, Simpang, Sungai Are, Sindang Danau, Mekakau Ilir, dan Pulau Beringin).

Kemudian, Kota Pagaralam (Dempo Utara, Dempo Selatan, Dempo Tengah), dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (Bunga Mayang, Jaya Pura, Martapura).

“Dalam informasi yang diterima, di daerah itu diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas lebat pada tingkat waspada pada 12 -13 Agustus 2022 pukul 07.00 WIB,” kata dia.

Hujan Deras di Sumatera Selatan Bisa Sebabkan Banjir dan Tanah Longsor

Menurutnya, hujan deras tersebut diperkirakan mungkin terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, banjir akibat volume meningkat, kerusakan sebagian tanaman.

Kendati demikian, warga setempat diimbau untuk tetap tenang dan terus mengikuti informasi terbaru terkait kondisi yang dapat dilakukan melalui media sosial baik dari BMKG maupun BPBD setempat.

“Berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah atau bila memang tidak akan mendesak untuk lebih beraktivitas di luar rumah,” kata dia, termasuk dokumen penting dan benda berharga lainnya.

Petugas BPBD Sumsel Selalu Siaga Menangani Bencana Alam

Ia memastikan seluruh petugas penanggulangan yang membantu pertolongan kebencanaan sedianya untuk selalu bersiaga untuk setiap kejadian di pos masing-masing.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.