6 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Otak, Membantu Tingkatkan Daya Ingat
Ilustrasi makanan yang membantu meningkatkan daya ingat (Unsplash/Roberta Sorge)

Bagikan:

PALEMBANG– Otak adalah organ dalam tubuh yang punya peran besar dalam pengendalian tubuh. Kerja-kerja yang melibatkan otak mulai dari menjaga detak jantung, pernapasan paru-paru, motorik atau gerak tubuh, hingga merasakan dan berpikir. Karena sering lupa dan sering lupa, vitamin otak diperlukan.

Anda bisa mengonsumsi sejumlah makanan yang berperan dalam menjaga kesehatan otak. Bahkan, daftar makanan ini membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

1. Ikan berlemak

Mengapa ikan dan daging unggas atau daging merah? Ikan kaya akan omega-3 dan sekitar 60 persen otak terbuat dari lemak. Setengah dari lemak otak terdiri dari asam lemak omega-3, sehingga untuk membangun sel otak dan saraf, penting untuk memberi tambahan vitamin. Ikan yang kaya omega-3 juga menunjukkan manfaatnya dalam menangkal penyakit Alzheimer. Bahkan kalau kurang asupan omega-3 terkait dengan gangguan belajar atau tingkat konsentrasi.

2. Kunyit

Sedapnya masakan kari berbahan kunyit juga bermanfaat untuk otak Anda. Kunyit, atau dikenal juga dengan kurkumin, mengandung bahan aktif yang menghalau penghalang darah dalam otak. Artinya, ketika sirkulasi darah dalam otak bekerja dengan lancar, akan baik manfaatnya untuk sel-sel otak.

3. Brokoli

Brokoli kaya akan antioksidan, vitamin K, dan vitamin larut dalam lemak yang membentuk sphingolipids, atau sejenis lemak dalam sel otak. Beberapa penelitian pada orang dewasa lebih tua, menghubungkan asupan vitamin K yang lebih tinggi dengan memori dan kemampuan kognitif yang lebih baik.

4. Cokelat hitam

Senyawa baik untuk otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan, dalam cokelat hitam dan bubuk kakao bagus untuk tingkatkan daya ingat. kandungan yang baik untuk otak, yaitu cokelat hitam dengan kakao 70 persen. Kalau cokelat susu biasa, hanya mengandung 10-50 persen kakao. Artinya, pilih asupan yang terbaik untuk otak dengan konsumsi cokelat yang tinggi kandungan kakaonya.

5. Kacang

Penelitian yang dilansir  Healthline,  menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Jantung yang sehat, oleh para peneliti, hobi dengan otak yang sehat. Studi yang dilakukan tahun 2019 di Cina dengan partisipasi usia 55 tahun, menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi kacang berkaitan dengan risiko penurunan kognitif yang lebih rendah. Studi sebelumnya, tahun 2014, juga menemukan bahwa wanita yang makan secara teratur selama beberapa tahun memiliki ingatan lebih tajam dibandingkan dengan yang tidak makan kacang.

6. Jeruk

Salah satu buah untuk otak, yaitu jeruk. Selain blueberi yang bisa jadi asupan otak, jeruk juga mengandung vitamin C yang berperan mencegah penurunan konsentrasi. Menurut penelitian yang dalam tahun 2019 dalam jurnal Frontiers in Aging Nouroscience, kadar vitamin C lebih tinggi darah meningkat dengan peningkatan tugas yang melibatkan fokus, perhatian, dan kecepatan keputusan.

Di samping jeruk, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang baik sebagai vitamin seperti jambu biji, tomat, dan stroberi.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.