Waspada! Sembilan kecamatan di OKU Rawan Banjir, BPBD Beri Peringatan Dini Bencana
Banjir di OKU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Bencana banjir berpotensi melanda sembilan kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Masyarakat diminta mewaspadai curah hujan tinggi yang dapat menyebabkan terjadinya banjir. 

Gunalfi, Manager Pusdalops BPBD OKU, menyampaikan berdasarkan analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial terpantau aktif di wilayah Sumatera Selatan.

Dia menjelaskan, gelombang atmosfer tersebut menyebabkan hujan sedang hingga lebat yang diprediksi terjadi beberapa hari kedepan hingga menyebabkan bencana banjir di beberapa daerah di Sumatera Selatan, termasuk di Kabupaten OKU.

Di OKU sendiri, kata dia, potensi banjir akibat hujan lebat mengancam warga di sembilan kecamatan meliputi Lubuk Raja, Lubuk Batang, Semidang Aji, Baturaja Timur, Baturaja Barat, Sosoh Buay Rayap, Lengkiti, Pengandonan, dan Kecamatan Muara Jaya karena berada di dataran rendah .

Warga Sekita DAS OKU Diminta Waspada Banjir

Terkait hal itu, ia mengimbau agar masyarakat khususnya yang bermukim di sepanjang daerah sungai (DAS) untuk meningkatkan kewaspadaan agar bencana alam tidak menimbulkan korban jiwa.

Untuk mengantisipasi bencana banjir, lanjut dia, BPBD Kabupaten OKU juga telah menyiapkan posko penanggulangan bencana di setiap kecamatan, khususnya di daerah rawan bencana tersebut.

Setiap posko yang disiagakan personel penanggulangan bencana alam dari BPBD Kabupaten OKU agar banjir dapat ditanggulangi sedini mungkin.

Peringatan Dini Bencana Alam di OKU

BPBD Kabupaten OKU juga sudah melayangkan surat peringatan dini bencana alam kepada seluruh pemerintah kecamatan di wilayah setempat.

"Termasuk peralatan penanggulangan bencana seperti perahu karet untuk mengevakuasi korban sudah siap menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja," ujarnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.