Permintaan BBM Meningkat pada Lebaran 2022, Pertamina Patra Niaga Sumbagsel Jaga Pasokan Bahan Bakar
Petugas SPBU (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Ketersediaan bahan bakar minyak/gas dipastikan oleh Pertamina Patra Niaga Bagian Selatan (Sumbagsel) tetap terjaga, khususnya untuk memenuhi kebutuhan arus balik para pemudik pada lebaran Idulfitri 2022.

Pertamina menjamin kepastian tersebut dengan menerjunkan Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas) RAFI) hingga Senin (16/5) mendatang, yang diprediksi masih ada perjalanan arus balik pemudik Lebaran.

“Untuk memenuhi kebutuhan yang luar biasa sepanjang arus mudik dan balik setiap hari kami melakukan pemantauan jumlah stok dan arus pendistribusian bahan bakar khususnya bahan bakar minyak ke SPBU aman,” kata Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) ), Alfian Nasution dalam rilis yang diterima di Palembang, Rabu.

Secara umum pada arus balik Lebaran ini Pertamina berhasil memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak pemudik yang meningkat hingga lebih dari 29 persen.

Permintaan BBM Meningkat pada Lebaran 2022

Di mana, pada puncak arus mudik di H-2 Lebaran konsumsi bakar minyak (BBM) meningkat hingga 41 persen dibandingkan kondisi normal, jauh lebih tinggi dari perkiraan awal yang rata-rata pada masa mudik meningkat 11 persen.

Sementara itu Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan menjelaskan peningkatan konsumsi tersebut sesuai dengan perkiraan Tim Satgas RAFI.

"Berdasarkan tren Satgas RAFI tahun 2022, kami mengantisipasi kebutuhan konsumsi masyarakat terhadap BBM, LPG, maupun Avtur mengingat mobilitas masyarakat terus meningkat dan kembali normal," kata dia.

Produk dan Layanan Pertamina Siaga

Konsumsi, konsumsi BBM jenis Gasoline meningkat sebesar 13,8 persen dibanding konsumsi harian normal pada puncak arus balik di wilayah Sumbagsel, sedangkan untuk BBM jenis Gasoil mengalami sedikit penurunan konsumsi dibandingkan rata-rata konsumsi harian normal.

Kemudian tingkat konsumsi LPG tercatat tidak ada perubahan signifikan jika dibandingkan konsumsi harian normal namun untuk Avtur konsumsinya meningkat sebesar 5,3 persen dengan perbandingan yang sama.

“Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mengapresiasi semua pihak yang telah bersinergi selama Satgas RAFI 2022 kali ini. Di antaranya, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota, Pemerintah Daerah, serta TNI dan Polri,” kata dia,

Ia juga mengemukakan bahwa masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center (PCC) 135.untuk informasi lebih lanjut terkait produk dan layanan Pertamina Siaga.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.