Kian Mesra! Menlu China Tingkatkan Kerja Sama dengan Rusia, Tidak Peduli Situasi Internasional Berubah
Presiden Xi Jinping dan Presiden Vladimir Putin. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Presidential Press and Information Office)

Bagikan:

PALEMBANG - Strategi kerja sama dan kemitraan dengan Moskow rencananya akan ditingkatkan oleh Beijing. Le Yucheng, Wakil Menteri Luar Negeri China, menyampaikan pada pertemuan dengan Andry Denisov Duta Besar Rusia untuk China, bahwa hubungan terlepas dari kondisi internasional. 

"Tidak peduli bagaimana situasi internasional berubah, China akan tetap berkomitmen pada kebijakan yang diadopsi sebelumnya, yang bertujuan untuk bekerja sama dengan Rusia untuk meningkatkan kerja sama strategi," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri China, seperti melansir  TASS  19 April.

"Menerapkan kerja sama yang saling menguntungkan, bersama-sama mempromosikan kepentingan bersama dan memfasilitasi pembangunan model baru. hubungan internasional dan komunitas senasib," sambung Le Yucheng.

Hubungan Perdagangan Antara China dan Rusia

Diplomat senior tersebut menambahkan, nilai perdagangan antara China dan Rusia untuk kuartal pertama tahun ini mencapai angka 38,2 miliar dolar AS, atau mengalami kenaikkan sebesar 30 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Organisasi Kerja Sama Shanghai

Menurut Kementerian Luar Negeri China, kedua diplomat juga membahas cara-cara untuk memperdalam kerjasama dalam kelompok BRICS (Brasil, Rusia, India, China, Afrika Selatan) dan Organisasi Kerjasama Shanghai, serta situasi di Ukraina dan isu-isu regional dan global lainnya.

Diketahui, Rusia tengah mengalami sanksi ekonomi beturut-turut dari berbagai negara dan lembaga internasional, menyusul invasi ke Ukraina sejak 24 Februari lalu, menimbulkan kecaman dunia. 

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.