Makanan Terlaris Selama Ramadan Berdasarkan Tren di Tokopedia, Apa Kulliner Favoritmu Termasuk?
Ilustrasi pesan makanan di Tokopedia (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Saat bulan Ramadan, daya konsumsi orang-orang pada kuliner meningkat. Ada beberapa kuliner yang menjadi favorit santapan di bulan suci Ramadan. Tokopedia, platform e-dagang, mengungkapkan tren menarik dan makanan terlaris selama awal Ramadhan tahun ini.

Kategori Makanan dan Minuman (makmin) menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi di awal bulan suci jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadhan tahun sebelumnya.

"Kurma sukari dan ajwa menjadi jenis kurma yang paling laris di Tokopedia di periode awal Ramadhan. Di sisi lain, sambal bawang dan sambal cumi merupakan dua jenis sambal yang paling diburu masyarakat," jelas Growth Marketing Senior Lead Tokopedia Maisyalina Agustiana, melalui keterangannya, Jumat .

Tokopedia pun melihat ada tren menarik dari segi penjual makanan dan minuman di platform. Maisyalina mengatakan, Pekanbaru, Bandar Lampung, Denpasar, Balikpapan, dan Manado menjadi beberapa contoh kota dengan peningkatan jumlah penjual makmin paling tinggi selama periode awal Ramadhan.

Di sisi lain, Tokopedia terus menghadirkan berbagai kampanye untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan Ramadhan, termasuk mendapatkan hasil yang maksimal baik untuk sahur maupun buka puasa.

Belanja Makanan 24 Jam di Tokopedia NOW!

Praktiknya misal, ada Tokopedia NOW!, layanan 24/7 yang memungkinkan masyarakat dapat berbelanja kebutuhan produk setiap hari setelah waktu maksimal dua jam pengiriman pembayaran.

"Artinya, siapa pun dapat berbelanja bahan makanan sahur, walau dipesan pukul 3 pagi sebelum sahur sekali pun," kata Maisyalina.

Tokopedia juga menghadirkan Parsel Ramadan yang menyajikan berbagai pilihan parsel Lebaran, seperti kue kering, makanan siap saji, alat makan, aromaterapi, hingga alat ibadah mulai dari Rp50 dan gratis ongkir lewat GoSend.

"Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada periode awal Ramadan 2022 meningkat hampir 2 kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun sebelumnya," kata Maisyalina.

Layanan Tokopedia Nyam!

Masyarakat di berbagai penjuru Indonesia pun dapat memanfaatkan berbagai kampanye turunan inisiatif Hyperlocal yang dipersonalisasi sesuai dengan daerah masing-masing.

Salah satu kampanye dari inisiatif tersebut adalah Tokopedia Nyam! yang menggandeng UMKM lokal sehingga memungkinkan masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dari penjual terdekat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.