Kuku Jari Tangan Anda Sering Patah dan Rapuh? Konsumsi Asupan Ini Supaya Kuat
Ilustrasi kuku jari (Galitskaya/Unsplash)

Bagikan:

PALEMBANG-Apakah Anda pernah mengalami kuku jari yang mudah patah atau rapuh? Ada banyak hal yang bisa menyebabkan itu terjadi, seperti kebiasaan menggigit kuku, terlalu sering menggunakan cat kuku seperti yang biasa dilakukan para wanita , hingga tekstur kuku yang kurang kokoh. Namun, tidak banyak orang yang tahu jika kekurangan produksi kolagen dalam tubuh juga jadi penyebab kuku gampang patah.

Menurut sebuah penelitian yang dilansir dari Mind, Body, Green, Kamis, 14 April, kolagen sangat berperan penting dalam mendukung pertumbuhan kuku yang sehat. Kolagen merupakan jenis protein yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di udara. Kolagen membentuk sepertiga protein pada tubuh manusia. Manfaat protein akan membuat kuku menjadi lebih kuat.

Manfaat Kolagen 

Orang yang mengonsumsi kolagen setiap hari selama 24 minggu terbukti memiliki kuku yang tumbuh lebih cepat, kuat, dan lebih baik tampilannya. Sama halnya dengan biotin, tambahan vitamin B yang sering dijadikan suplemen pertumbuhan rambut. Biotin juga terbukti mampu mempertebal dan memperkokoh struktur kuku. 

Sebuah studi pada 35 orang dengan kuku rapuh menemukan bahwa konsumsi 2,5 mg biotin per hari selama enam minggu hingga 7 bulan dapat memperbaiki gejala pada 63 persen peserta.

Tubuh Perlu Asupan Biotin

Sayangnya, tubuh tidak dapat memproduksi biotin yang cukup sehingga Anda perlu asupan biotin tambahan yang dapat diperoleh dari makanan. Pun, biotin sering dipasangkan dengan kolagen guna mendapatkan manfaat kulit dan rambut yang sehat.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.