7 Nutrisi untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak, Bunda Wajb Tahu
Ilustrasi nutrisi penting untuk kecerdasan anak (iStockphoto)

Bagikan:

PALEMBANG - Salah satu hal yang berperan menumbuhkan kecerdasan seorang anak adalah dari nutrisi makanan yang mereka konsumsi. membutuhkan 20 persen energi dari total energi yang dikeluarkan setiap hari untuk daya kerja kognitif. Melaporkan  Doktor Tutor,  otak hanya mengambil 2 persen dari massa tubuh. Artinya, yang dibutuhkan otak untuk bekerja cukuplah kompleks. Tak hanya karbohidrat, tapi juga protein, vitamin, dan mineral.

Untuk mendukung prestasi akademik anak-anak dan meningkatkan fungsi memori, berikut beberapa 'makanan' yang penting untuk diserap otak.

1. Glukosa

Glukosa yang paling menyehatkan otak, berasal dari makanan berbahan dasar biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Makan teratur dengan menu makanan yang dapat membuat anak-anak lebih mudah konsentrasi dan mengingat. Nah , yang perlu dihindari adalah glukosa dari permen, soda, dan produk yang mengandung gula rafinasi.

2. Vitamin B

Keluarga vitamin B, yang berasal dari sayuran berdaun hijau, sangat disukai otak. Anda bisa membuat rencana menu harian untuk buah hati dengan bahan telur organik, beras merah, kacang-kacangan. Sedangkan sayur bayam, kangkung, dan kubis mengandung vitamin B6, B12, zat besi, dan folat yang baik untuk otak.

3. Zat besi

Menurut studi yang dalam  Nutrition  Reviews dilakukan tahun 2017, menunjukkan bahwa zat besi protein memegang peran penting dalam fungsi otak dan membangun sel otak, termasuk neurogenesis, myelination, synaptic, energi, dan metabolisme neurotransmitter.

Untuk asupan buah hati, Anda bisa mengolah menu berbahan daging merah terutama hati dan sayuran seperti bayam, asparagus, kacang polong, kangkung, dan bit.

4. Omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3, sangat baik untuk kesehatan otak. Anak-anak tentu menyukai makanan yang diolah secara sederhana namun perlu dikreasikan agar bisa diterima. Misalnya makanan dari ikan, salmon pembohong, kacang kenari, dan biji chia.

5. Antioksidan

Antioksidan bermanfaat tidak hanya untuk otak. Tetapi juga menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dalam buah beri, misalnya, sifat antioksidan bermanfaat meningkatkan otak.

6. Magnesium

Nah, untuk memperkaya menu sekaligus mendukung kecerdasan otak anak, Anda bisa mengolah jenis makanan yang mengandung magnesium. Seperti kentang tanpa dikupas, yoghurt, keju, tahu, ikan, lentil, dan bayam.

7. Luteolin

Luteolin merupakan senyawa pada tanaman yang membantu mengurangi efek penuaan pada otak. Selain itu, wortel dan toman yang tinggi kandungan luteolinnya membantu meningkatkan kekuatan otak. Ditambah lagi, berperan meningkatkan ketajaman memori.

Itulah ketujuh nutrisi yang dibutuhkan anak untuk mengembangkan prestasinya. Anda bisa mengolahnya secara kreatif agar anak tidak malas makan dan makan secara teratur.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.