Belanja Makanan untuk Persiapan Ramadan, Inilah 5 Bahan yang Wajib Anda Beli
Ilustrasi bahan makanan untuk stok puasa Ramadan (Pexels/Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG- Umat Islam di seluruh dunia tinggal menunggu hari saja menantikan tibanya bulan Ramadan tiba. Pada saat menjelang Ramadan, biasanya orang-orang akan mengumpulkan atau belanja bahan-bahan makanan.

Jadi, Anda bisa membeli bahan makanan untuk stok puasa. Agar tetap berhemat, daftar makanan bisa dipilah berdasarkan yang paling penting dulu. Berikut tips buat persiapan puasa, Anda bisa belanja daftar bahan makanan di bawah ini.

1. Beras

Terdapat berbagai macam beras yang umumnya dikonsumsi, antara lain beras putih, beras merah, beras ketan, dan beras cokelat. Nah, dari jenis-jenisnya, Anda bisa membeli stok beras sesuai pola makan. Apabila sedang menjalani diet atau meminimalisir indeks glikemik dari beras, beras merah dan beras cokelat bisa jadi alternatif.

2. Bumbu dapur

Berbagai macam bumbu dapur, ada baiknya Anda membuat daftarnya. Buat nyicil jauh-jauh hari, baiknya Anda membeli dulu bumbu dapur yang awet. Seperti ketumbar, kemiri, pala, cengkeh, kunyit, kayu manis, jahe, dan laos.

Selain itu garam dan gula bisa Anda masukkan ke daftar bahan makanan yang tahan lama ini. Sedangkan bahan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, dan cabai bisa belanja saat dekat hari puasa pertama.

3. Madu

Madu memiliki segudang manfaat dalam menjaga kesehatan. Saat puasa, Anda dan keluarga wajib stok madu karena mengandung vitamin E, vitamin C, asam amino, zat besi, flavonoid, dan bersifat anti oksidan. Madu juga membantu menjaga tubuh tetap fit selama puasa.

4. Kacang-kacangan

Kacang merupakan makanan yang mengandung protein nabati. Kacang juga membantu menjaga tubuh tetap bugar. Nah, yang bisa dicicil belanja dari sekarang termasuk jenis kacang hijau, kacang kenari, serta kacang tanah.

5. Minyak goreng

Karena harga minyak sawit melangit, Anda bisa memantau harganya jauh hari sebelum memasuki Ramadan. Namun jika kebutuhan bersifat urgen, tetap tak bisa ditolak. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan minyak goreng alternatif. Seperti minyak kelapa, minyak wijen, minyak canola, hingga minyak samin.

Disamping kelima daftar di atas, Anda bisa menyimpan lebih makan bahan makanan kalengan. Misalnya sarden, peas, dan kornet. Untuk tambahan stok, Anda juga bisa melengkapi dengan mie, pasta, nugget, dan sosis.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatea Selatan dalam negeri dan luar negeri untuk anda.