Kominfo Datangi Kabuapaten Belutung, Persiapan Akses Internet Jelang G20
Diskominfo Belitung (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Pemeriksaan jaringan internet dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia di Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Wilayah yang diperiksa terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan pertemuan Menteri Pembangunan G20 pada 7-9 September mendatang.

"Tim dari Kementerian Kominfo sudah turun ke lapangan guna mengecek kondisi jaringan internet di sejumlah lokasi yang ada di Belitung," kata Kepala Diskominfo Belitung Muhammad Iqbal di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, tim tersebut melakukan pemeriksaan kekuatan sinyal internet di lokasi acara pertemuan Menteri Pembangunan G20 serta lokasi strategis lainnya di wilayah itu.

Lokasi Pertemuan G20 di Bangka Belitung

Dia mengatakan lokasi utama dari pelaksanaan pertemuan Menteri Pembangunan G20 bertempat di Hotel Sheraton, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang, Sijuk, Belitung.

"Sehingga kondisi kekuatan sinyal di lokasi utama tersebut harus dalam keadaan baik dan stabil tidak mengalami kendala gangguan teknis maupun hal lainnya," ujar dia.

Ia menambahkan kelancaran dan kekuatan sinyal internet juga diperlukan di sejumlah lokasi strategis lainnya, termasuk di lokasi 'geosite' yang nantinya akan dikunjungi oleh para delegasi 20 negara tersebut.

"Seperti di kawasan pantai Tanjung Kelayang, Pulau Lengkuas, Batu Bedil, Tanjung Bunga yang perlu disurvei kondisi kekuatan sinyal internet," katanya.

Pemasangan Hot Spot di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dia menyebutkan dalam hal ini Diskominfo Belitung akan memasang 'hot spot' di sejumlah lokasi destinasi wisata maupun geosite seperti di Bukit Peramun, Hkm Juru Seberang dan pantai Tanjung Kelayang.

"Sekarang kami masih menunggu hasil survei tersebut dan selanjutnya jika ada perbaikan maka kami akan segera melakukan perbaikan dan perawatan guna kesuksesan acara G20 nanti," ujar Iqbal.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel. Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk anda.