14 Buaya Besar Berkeliaran dan Serang Warga; BKSDA Bengkulu Terjunkan Tim Observasi
Ilustrasi buaya (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Hewan buas menyerang warga Desa Tanah Rekah, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu . Tim observasi akan diterjunkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) ke lokasi penyerangan buaya tersebut.

"Tim dari BKSDA akan turun untuk melakukan observasi dan Identifikasi di lokasi terjadinya serangan buaya terhadap warga," kata Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Yandaryat, dalam keterangannya dikutip Antara, Kamis, 3 Maret.

Dia mengatakan hal itu berdasarkan hasil koordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) guna mencari solusi untuk mengatasi buaya pemangsa warga setempat yang masih bermain di Sungai Selagan daerah ini.

Pemerintah setempat berkoordinasi dengan BKSDA mengagumi masyarakat lima desa di bantaran Sungai Selagan terhadap gangguan hewan buas yang memangsa Sabri (65), warga Desa Tanah Rekah.

14 Buaya Membahayakan Warga Bengkulu

BKSDA menurunkan tim selain melakukan observasi dan sekaligus melakukan pemantauan, dan dari survei yang dilakukan dalam rangka mendorong masyarakat agar mereka dapat melakukan aktivitas seperti biasa.

Berdasarkan keterangan dari warga setempat ada sekitar 14 ekor buaya besar, dan belum termasuk anak buaya sebesar betis dan lengan orang dewasa.

Sungai di wilayah ini disebut sebagai habitat buaya, dan kemungkinan selama ini mereka punya zona kekuasaan dan kebetulan masyarakat melakukan aktivitas di wilayah kekuasaannya sehingga buaya terganggu dan menjadi aktif.

Cara Warga Bengkulu Wisata Buaya Air Asin

Selain itu, menurut Yandaryat, menurut pihak BKSDA buaya yang berada di muara dan air asin lebih ganas dari buaya di air tawar.

"Jika mereka melakukan aktivitas mengangkat sawit dengan cara yang aman, yakni isi perahu jangan terlalu banyak jangan terlalu dekat dengan buaya," ujar dia.

“Selain itu, jika aktivitas menyelam jangan dilakukan, termasuk memancing dan mandi sungai hingga tim dari BKSDA turun,” imbuhnya.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.