PTM di Sumsel Sudah Dilaksanakan di Hampir Seluruh Sekolah, Tetap Mewaspadai Penyebaran COVID-19 Omicron
Dinas Pendidikan Sumsel (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) sudah dilaksanakan di hampir seluruh sekolah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Belum semua pelaksanaan mencapai kapasitas 100 persen.

Riza Fahlevi, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, menyampaikan sejumlah sekolah masih memutuskan untuk melakukan sistem hybrid (luring/daring).

“Yang sudah tatap muka mencapai 94,8 persen, selebihnya masih ada yang memilih hybrid,” kata Riza usai pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Penerapan PTM di Sumsel Dilaksanakan dengan Mewaspadai COVID-19 Omicron

Ia mengatakan saat ini pemerintah mengeluarkan kebijakan PTM secara bertahap atau disesuaikan dengan kondisi terkini dari masing-masing sekolah.

Walau sudah ada imbauan dari Kementerian Pendidikan untuk menyelenggarakan PTM, jika para orangtua menginginkan anaknya untuk daring, pihak sekolah harus memfasilitasi. Langkah ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus COVID-19.

Dinas Pendidikan Sumsel mengingatkan setiap Gugus Tugas COVID-19 di tingkat provinsi hingga sekolah untuk mewaspadai munculnya varian baru Omicron.

Kasus Omicron terus menanjak dan dalam beberapa hari terakhir ditemukan di Jakarta berasal dari transmisi lokal. “Semua harus cekatan,” kata dia.

Data Vaksinasi COVID-19 untuk Anak di Sumsel

Selain itu, Pemprov Sumsel juga menggencarkan vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun.

Berdasarkan data di situs Sumsel tanggap COVID-19 terdata cakupan vaksinasi anak mencapai 56,15 persen dengan tiga kabupaten tertinggi, yakni Prabumulih 86,22, Ogan Komering Ulu Timur 82,58 persen dan Empat Lawang 81,32 persen.

Sedangkan tiga kabupaten terendah, yakni Musi Banyuasin 34 persen, Muara Enim 37 persen dan Palembang 43 persen.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.