Pemprov Babel Salurkan Bantuan 20 Sapi Potong ke Kelompok Tani Cambai di Bangka Tengah
Gubernur Bangka Belitung dengan Bupati Bangka Tengah (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG - Bantuan sebanyak 20 ekor sapi potong diberikan oleh Pemprov Kepulauan Bangka Belitung kepada Kelompok Tani Sinar Cambai Kabupaten Bangka Tengah. Program tersebut bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak sapi dan ekonomi keluarga peternak.

"Kita berharap bantuan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan swasembada daging di daerah ini," kata Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan saat menyerahkan bantuan sapi ke Kelompok Tani Sinar di Desa Cambai, Kamis.

Program Ruminansia Potong Kementerian Pertanian 2021

Ia mengatakan bantuan 20 ekor sapi potong jenis Sapi Bali ini merupakan Program Ruminansia Potong (Rumpot) Kementerian Pertanian 2021 untuk membantu peternak dalam meningkatkan populasi sapi potong dalam memenuhi konsumsi daging masyarakat yang tinggi.

"Kita harapkan populasi sapi di Babel terus meningkat dan bantuan ini sebagai wujud perhatian kita kepada para peternak, sehingga akan membuat mereka lebih terberdayakan," ujarnya.

Menurut dia saat ini untuk memenuhi kebutuhan daging sapi masyarakat, Babel masih mengandalkan pasokan sapi potong dari luar daerah sehingga berdampak terhadap harga daging yang masih tinggi di pasaran.

"Harga daging sapi ini akan melonjak tinggi, jika pasokan sapi potong dari luar daerah tersendat akibat kondisi cuaca di laut memburuk," katanya.

Bantuan Sapi dari Bupati Bangka Tengah kepada Peternak

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan bantuan sapi Bali dari kegiatan Rumpot sebanyak 20 ekor ini sangat membantu dalam memenuhi antusiasme masyarakat yang ingin mengembakbiakkan ternak sapi.

"Saat ini, masyarakat sangat antusias karena mereka telah menyadari aspek ekonomi dari ternak sapi cukup tinggi, buktinya pengadaan tersebut belum memenuhi daftar tunggu pemelihara sapi kelompok tani di Bangka tengah," katanya. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri di VOI Sumsel.