Banjr Merendam Ratusan Rumah Warga OKU Sumsel Akibat Curah Hujan Tinggi
Banjir di Ogan Komering Ulu (Foto dari Antara)

Bagikan:

PALEMBANG- Bencana banjir menerjang ratusan rumah warga di Desa Gunung Meraksa, Kecamatan Lubuk Batang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan. Luapan air terjadi akibat intensitas curah hujan tinggi pada Minggu (2/1) malam.

"Hujan dengan intensitas sangat lebat dengan durasi waktu cukup lama tadi malam menyebabkan bencana banjir," kata Manager Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Gunalfi di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, dalam musibah bencana alam tersebut tercatat sebanyak 100 rumah warga di Desa Gunung Merasa direndam banjir mencapai satu meter.

BPBD OKU Evakuasi Korban Banjir Menggunakan Perahu Karet

Air dengan ketinggian mencapai satu meter masuk ke permukiman penduduk hingga ratusan warga terpaksa dievakuasi ke tempat yang aman guna mengantisipasi korban jiwa.

"Untuk korban jiwa tidak ada. Namun lebih dari 100 kepala keluarga dievakuasi mulai dari lansia hingga anak-anak," katanya.

Dalam proses evakuasi pihaknya mengerahkan puluhan personel menggunakan perahu karet dan peralatan lengkap lainnya untuk diangkut ke dataran tinggi.

Evakuasi Korban Banjir di OKU

Petugas dibantu relawan berjibaku menjemput warga yang terjebak banjir untuk diangkut ke tempat pengungsian sementara waktu sampai air mulai surut.

"Saat ini kondisi air sudah mulai surut dan sebagian warga sudah pulang ke rumah masing-masing," ujarnya.

Hanya saja meskipun banjir sudah surut, ia meminta agar masyarakat khususnya yang dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Ogan untuk meningkatkan kewaspadaan mengantisipasi bencana susulan karena diprediksi curah hujan tinggi masih terjadi selama beberapa hari ke depan.

Ikuti terus beria terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.