6 Cara Melakukan Detoks Digital, Jeda dari Sosmed untuk Sementara Jaga Kesehatan Mental
Ilustrasi bermain gawai (Pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG - Saat ini, hampir semua orang di dunia membutuhkan internet. Seiring dengan hal itu, media sosial yang ada di gawai juga banyak digunakan oleh orang-orang untuk berbagai hal. Ada yang mengabadikan momen keseruan bersama keluarga, teman dan yang lainnya. Tetapi, keduanya bisa saja menjadi membosankan dan membuang waktu Anda.

Di era modern ini, Anda sangat dimudahkan untuk mengunggah, berkomentar dan mengguir berjam-jam hanya untuk melihat konten di Internet dan media sosial. Entah itu karena kebutuhan, atau Anda hanya tidak ingin melewatkan informasi apapun.

Namun suatu waktu, Anda mungkin harus beristirahat dari Internet dan media sosial untuk menikmati kehidupan nyata Anda. Misalnya, lebih banyak waktu kumpul dengan keluarga maupun teman, dan mencari pengalaman baru.

Tetapi mungkin Anda tidak tahu bagaimana harus memulainya. Anda dapat melakukan detoks digital jika Anda merencanakannya. Diklaim, ini sangat berguna bagi kesehatan mental Anda. Berikut tips memulai detoks digital seperti yang VOI rangkum dari Wikihow, Jumat, 12 November.

  1. Memotivasi Diri Sendiri dan Buat Kegiatan

Memutuskan untuk melakukan detoks digital bisa menjadi keputusan besar. Anda mungkin khawatir tentang apa yang akan Anda lewatkan dengan keluar dari media sosial. Jangan dipikirkan, cobalah untuk buat daftar tiga sampai lima hal yang ingin Anda coba lakukan selama waktu detoks digital.

Misalnya, Anda ingin bercocok tanam, travelling, bertemu teman lama, atau berkumpul dengan keluarga. Di sela-sela kegiatan yang sedang Anda lakukan, ingatkan diri Anda tentang manfaat detoks. Seperti katakan pada diri sendiri, bahwa detoks akan memberi Anda jeda dari beberapa informasi yang berlebih dan tidak bermanfaat di smartphone.

  1. Pilih Waktu yang Pas untuk Memulai Detoks

Meski Anda bisa memilih kapan saja untuk melakukan detoks, tetapi lebih baik Anda harus memikirkan waktu yang pas agar maksimal. Jangan pilih waktu ketika Anda sedang penat bekerja, atau saat waktu ujian sekolah tiba. Pilih waktu ketika Anda memiliki lebih sedikit tanggung jawab dan ketika akan ada lebih sedikit konsekuensi karena melewatkan satu atau dua pesan di media sosial Anda.

Cobalah untuk memilih akhir pekan, liburan sekolah, atau waktu cuti Anda. Sebab, ini memungkinkan Anda tidak menerima pesan penting selama waktu itu.

  1. Tentukan Berapa Lama Melakukan Detoks Digital

Secara umum detoks digital akan berlangsung sekitar satu sampai dua hari. Ini akan memberi Anda waktu untuk terhubung dengan teman dan keluarga dan melakukan beberapa hal yang ingin Anda lakukan.

Memutuskan berapa lama untuk detoks akan membantu Anda merencanakannya dan mengantisipasi masalah apa pun yang mungkin muncul selama waktu detoksifikasi Anda. Pertimbangkan juga tanggung jawab dan kewajiban Anda.

  1. Beritahu Keluarga, Teman Kantor Maupun Teman Dekat

Jika Anda memasukkan pekerjaan atau sekolah dalam detoks digital Anda, Anda mungkin perlu memberi tahu orang lain apa yang Anda lakukan. Dengan cara ini mereka dapat memberi tahu Anda apa yang sedang terjadi dan Anda tidak akan melewatkan pesan atau informasi penting lainnya.

Jika Anda kerap berkomunikasi dengan orang melalui teks, email, atau pesan, Ada baiknya memberi tahu mereka apa yang sedang terjadi.

  1. Keluar dari Semua Media Sosial

Ketika Anda sedang melakukan detoks digital, sebaiknya Anda juga me-logout semua media sosial Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dengan ponsel yang terus berbunyi.

Anda tidak perlu menonaktifkan akun, Anda hanya perlu me-logout semua media sosial Anda dari ponsel. Nantinya, Anda dapat masuk kembali setelah detoks digital Anda selesai. Pastikan Anda mengetahui informasi login Anda sebelum Anda logout dari aplikasi. Jangan lupa, matikan juga semua notifikasi pada ponsel Anda juga ya. 

  1. Jauhkan Ponsel dari Jangkauan

Setelah me-logout media sosial, ada baiknya Anda juga menjauhkan diri dari ponsel maupun segala jenis perangkat elektronik yang Anda miliki. Anda mungkin tergoda memeriksanya untuk memastikan Anda tidak melewatkan apa pun.

Menjaga jarak ponsel, tablet, atau laptop akan memudahkan Anda melakukan detoks digital. Anda bisa meletakkan perangkat Anda di lemari, laci, atau di tempat yang tidak terlihat. Jika perlu, mintalah anggota keluarga atau teman dekat untuk menyimpan perangkat Anda selama detoks digital Anda.

Nah itu dia 6 tips untuk memulai detoks digital, selamat mencoba ya!

Artikel ini pernah tayang sebelumnya di VOI denga 6 Tips Detoks Digital, Istrirahat dari Sosmed Sementara Yuk!. Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel.