Presiden Jokowi Tiba di Moskow Rusia Sampaikan Pesan dari Zelensky, Begini Tanggapan Vladimir Putin
Presiden Jokowi bersama Presiden Putin di Kremlin, Moskow. (Sumber: Kremlin.ru)

分享:

PALEMBANG - Kunjungan yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia mengusung misi menjadi komunikator untuk menyelesaikan konflik perang militer. Jokowi mengutarakan pesan dari Presiden Volodymyr Zelensky kepada Presiden Vladimir Putin saat bertemu di Kremlin, Moskow, Kamis (30/6).

Presiden Jokowi menyampaikan isu perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas politik luar negeri Indonesia. Dijelaskannya, konstitusi Indonesia menuntut agar selalu berupaya berkontribusi bagi perdamaian dunia, melansir situs  Kremlin.ru.

"Dalam konteks inilah saya mengunjungi Kyiv dan sekarang Moskow," ujar Presiden Jokowi.

Seperti yang saya katakan di Kyiv, lanjutnya, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, saya tetap mengatakan penting untuk mempromosikan penyelesaian damai, serta dialog terbuka.

"Saya menyampaikan pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan menyatakan kesiapan saya untuk menjalin komunikasi antara kedua pemimpin," ungkap Presiden Jokowi.

Tujuan Presiden Jokowi Berkunjung ke Ukraina dan Rusia 

Presiden Jokowi menggarisbawahi, Indonesia tidak memiliki kepentingan, kecuali bahwa Indonesia ingin perang Rusia dan Ukraina segera berakhir dan rantai pasokan pangan, pupuk, dan energi perlu segera dipulihkan, karena berdampak pada kehidupan ratusan juta bahkan miliaran orang.

"Saya menyerukan kepada semua pemimpin dunia untuk menghidupkan kembali semangat multilateralisme, semangat perdamaian dan kerja sama. Hanya dengan semangat inilah kedamaian dapat dicapai," pungkas Presiden Jokowi.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Putin

Diketahui, Presiden Jokowi tiba di Rusia, Kamis, 30 Juni 2022 dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Selang sehari sebelumnya, Jokowi baru saja bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.