Presiden Putin Sambut Jokowi dengan Hangat, Sampaikan Agenda Ekonomi Global hingga Invasi Rusia
Presiden Jokowi bersama Presiden Putin saat bertemu di Kremlin. (Sumber: Telegram/Kremlin)

分享:

PALEMBANG - Vladimir Putin, Presiden Rusia, menyambut kunjungan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Kremlin, Moskow pada Kamis (30/6). Ada beberapa agenda yang dibicarakan dalam pertemuan kedua pemimpin negara tersebut.

"Vladimir Putin mengadakan pembicaraan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo," tulis Kremlin di saluran Telegram, seperti dikutip Kamis 30 Juni.

"Agendanya meliputi kerja sama bilateral di berbagai bidang, perkembangan ekonomi global, termasuk dalam konteks kegiatan G20, isu ketahanan pangan global, dan kemajuan operasi militer khusus di Ukraina," lanjut Kremlin.

Presiden Putin diketahui menyebut pengerahan militernya ke Ukraina sebagaui operasi militer khusus, untuk melakukan demiliterisasi dan denazifikasi, termasuk melindungi penutur asli bahasa Rusia. 

Rusia Siap Ekspor Gandum ke Indonesia 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut Rusia siap mengekspor 50 juta ton gandum pada tahun ini, saat menerima kunjungan Presiden Jokowi di Kremlin.

"Tahun lalu Rusia memasok lebih dari 40 juta ton gabah ke pasar internasional, dan tahun ini kami akan siap memasok sekitar 50 juta ton," ujar Presiden Putin saat bertemu Presiden Jokowi, melansir Interfak.

Salah satu concern Presiden Jokowi dalam rangkaian kunjungannya ke Ukraina dan Rusia adalah, meredakan konflik dan memulihkan kembali rantai pasokan pangan yang terganggu akibat perang.

"Perang memang harus dihentikan dan juga yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ungkap Presiden Jokowi sebelum meninggalkan Tanah Air Hari Minggu lalu.

Jokowi ke Rusia Menaiki Pesawat Garuda Indoenesia 

Diketahui, Presiden Jokowi tiba di Rusia, Kamis, 30 Juni 2022 dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Selang sehari sebelumnya, Jokowi baru saja bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Istana Maryinsky, Kyiv.