Tiket Masuk Borobudur Rp750ribu, Ganjar Minta Pihak Candi Edukasi Alasan Kenakan HTM
Photo by Alain Bonnardeaux on Unsplash

分享:

PALEMBANG - Kebijakan kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur ramai diperbincangkan oleh masyarakat. Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng, merespon kabar viral tersebut dengan meminta Taman Wisata Candi Borobudur (PT TWC) memberikan edukasi terkait alasan penetapan harga tersebut.

Gubernur Jateng tersebut menyampaikan pemerintah meminta wisatawan untuk naik ke Candi Borobudur hanya 1.200 per hari. Keputusan itu, kata Ganjar, ditambah dengan pengendalian melalui penerapan tarif.

“Maka untuk naik ke candi kemarin disampaikan agar ada pengelolaan dengan pengendalian melalui tarif, kira-kira begitu,” kata Ganjar Pranowo, Senin 6 Juni.

Menurutnya kebijakan tersebut tidak diputuskan begitu saja. Berbagai aspek jadi pertimbangan. Salah satunya adalah konservasi Candi Borobudur, yang belakangan mengalami penurunan. Adapun sampai hari ini, wisatawan belum dibolehkan naik ke Candi Borobudur.

Melalui instagramnya, Ganjar juga mengatakan kebijakan tersebut belum diterapkan. Persiapan teknis dan regulasi masih dibahas oleh pihak PT TWC dan Balai Konservasi Borobudur (BKB).

“Sampai dengan hari ini TWC masih akan komunikasi menyiapkan SOP-nya soal regulasinya dengan badan pengelola (BKB). Jadi masyarakat tidak perlu terganggu,” tegasnya.

Kebijakan Harga Tiket Masuk Candi Borobudur 

Di sisi lain, kebijakan baru juga dibahas yakni menurunkan harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur. Yakni untuk pelajar menjadi Rp 5.000 dari sebelumnya Rp 25.000.

“Sehingga pada saat nanti mereka butuh edukasi, mereka butuh dalam konteks ilmu pengetahuan, itulah kebijakan yang diambil khusus untuk pelajar,” katanya.

Kepada pedagang, Ganjar meminta agar tidak resah dengan kebijakan yang ada. Apalagi sampai saat ini, kawasan Candi Borobudur masih ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Perbedaannya antara tiket masuk kawasan dan tiket naik, itu dua hal yang berbeda. Kan hari ini juga tidak naik dan pedagang juga oke, jadi pedagang nggak perlu takut soal itu. Toh hari ini semua nggak boleh naik kan juga ramai,” tandasnya.

Tiket Masuk Kawasan Candi Borobudur

Sebagai informasi, saat ini harga tiket masuk kawasan Candi Borobudur terbagi menjadi dua jenis. Yang pertama tiket biasa untuk dewasa hanya Rp50 ribu. Sedangkan untuk anak-anak harga tiketnya Rp25 ribu. Sementara itu, untuk wisatawan mancanegara, harga tiketnya Rp210 ribu.

Sementara wacana kenaikan dikhususkan untuk tiket naik ke Candi Borobudur. Yakni Rp750 ribu untuk wisatawan domestik dan 100 dolar untuk wisatawan mancanegara atau setara Rp1,4 juta.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.