Aplikasi Komunikasi saat WFH, Tingkatkan Produktivitas Selama di Rumah
Aplikasi komunikasi saat WFH (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Komunikasi menjadi tantangan besar yang harus dihadapi berbagai organisasi kala WFH (Work From Home). Jarak membuat pertukaran informasi antar karyawan atau divisi berjalan lebih lambat. Menjadi hambatan yang harus dituntaskan.

Memang, kini sudah tersedia beragam jenis platform yang memudahkan komunikasi dan kolaborasi. Bahkan, WhatsApp sudah menyediakan sejumlah fitur anyar yang menunjang produktivitas penggunanya.

Tapi, seiring dengan perubahan budaya kerja dan peningkatan teknologi, makin banyak pula platform khusus produktivitas yang bermunculan. Apalagi, sejumlah perusahaan mulai menerapkan sistem kerja hibrida -yang menggabungkan sistem WFH dan WFO (Work From Home).

Nah, agar waktu produktif Anda lebih lancar, tim VOI sudah siapkan beberapa rekomendasi aplikasi komunikasi saat WFH. Mau tahu apa saja pilihannya? Simak penjelasan di bawah:

Slack untuk Komunikasi Instan

Dalam hal usia, Slack sudah muncul lama. Bahkan jauh sebelum pandemi. Dan ketika sistem kerja WFH mulai diterapkan, Slack menjadi salah satu pilihan utama banyak organisasi dan perusahaan.

Platform kolaborasi ini menyediakan tampilan yang mudah digunakan oleh pengguna pemula. Di samping itu, pengembang juga sudah menambahkan sejumlah fitur kolaborasi yang dibutuhkan para pekerja remote.

Asana untuk Manajemen Proyek

Asana merupakan alat manajemen proyek yang sederhana dan efektif. Bahkan, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk komunikasi antar divisi serta memonitor tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh tim.

Anda bisa merancang daftar tugas, menugaskan seseorang atau tim untuk menyelesaikannya, serta mengawasi progress penyelesaian tugas tersebut berdasarkan deadline yang sudah ditetapkan.

Sehingga, Anda pun tak perlu khawatir pekerjaan bakal berantakan gegara anggota tim yang lokasinya berjauhan.

Zoom Buat Video Konferensi

Jika Anda mencari layanan video konferensi untuk meningkatkan komunikasi dan produktivitas, Zoom merupakan pilihan yang paling tepat. Selama pandemi yang hampir berlangsung dua tahun ini, Zoom mendapat pujian dan mengundang kekaguman banyak pengguna.

Terlebih seiring meningkatnya jumlah pekerja remote. Soalnya, Zoom menyediakan fitur-fitur yang mampu mengoptimalkan komunikasi online sebuah organisasi atau perusahaan. Sehingga, membuat Zoom jadi standar komunikasi video konferensi di seluruh dunia.

Tak hanya itu, perusahaan juga senantiasa meningkatkan fitur dan layanannya. Membuat pengguna makin betah dan nyamana selama menggunakan aplikasi video konferensi ini. Anda pun bisa mengaksesnya lewat Android, iOS, laptop Windows, hingga Macbook.

Nah, itulah beberapa pilihan aplikasi komunikasi saat WFH yang bisa Anda dan perusahaan gunakan. Ingat, jangan sampai produktivitas terhambat karena pilihan produk yang tidak tepat.