Atasi Kebocoran, Apple Wajibkan Karyawannya Pakai Kamera Badan
Dua karyawan Apple tengah memakai kamera badan agar gerak-geriknya bisa dipantau. (foto; dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA – Produk iPhone atau MacBook terbaru mungkin adalah perangkat yang paling banyak bocor di internet. Kini menurut sebuah laporan, Apple meminta beberapa karyawan untuk memakai kamera di tubuhnya dalam upaya untuk menindak kebocoran produk dan informasi.

Menurut laporan eksklusif oleh Front Page Tech, karyawan Apple tertentu telah diminta untuk memakai kamera tubuh saat bekerja. Langkah ini dilakukan dalam upaya untuk menghentikan karyawan dalam membocorkan produk dan informasi baru dan "untuk memastikan bahwa rahasia dagang perangkat kerasnya tetap berada di luar tangan pembocor".

Tindakan keamanan baru yang dilaporkan hanya berlaku untuk tim produk tertentu. Ini berarti bahwa Apple akan meminta karyawan dalam tim yang mengerjakan perangkat lunak dan perangkat keras baru untuk memakai kamera, daripada karyawan toko ritel. Dengan karyawan yang memakai kamera tubuh, Apple akan dapat meninjau rekaman dari karyawan dan memantau setiap perilaku yang mencurigakan.

Front Page Tech memberikan informasi tentang kamera mana yang akan dipakai karyawan Apple. Seharusnya, Apple akan meminta karyawan untuk memakai kamera bodi "kelas polisi" yang mirip dengan Axon Body 2, yang banyak digunakan di seluruh penegakan hukum AS.

Agak ironis bahwa langkah-langkah keamanan baru Apple untuk mencegah kebocoran, sebenarnya sudah bocor. Mungkin ini adalah umpan dan jebakan untuk mencoba dan mengidentifikasi pembocor, atau mungkin keamanan Apple benar-benar buruk.

Apple memang sangat membenci kebocoran, karena perusahaan telah membuktikannya selama bertahun-tahun. Steve Jobs mengatakan kepada pewawancara bahwa dia akan "lebih baik berhenti" daripada mengabaikan pembocor ketika iPhone ditemukan di sebuah bar pada tahun 2010. Dalam beberapa tahun terakhir, Tim Cook telah memperingatkan hukuman keras terhadap karyawan Apple yang membocorkan informasi.

Surat terbaru kepada leaker dan artis render yang meminta mereka untuk berhenti menerbitkan kebocoran, menjelaskan mengapa Apple sangat membenci kebocoran. Menurut surat itu, Apple tidak ingin rahasianya diungkapkan kepada para pesaingnya.

Ini, tentu saja, masuk akal dan merupakan taktik bisnis utama. Jika Anda ingin mengungguli pesaing Anda, jangan biarkan mereka tahu apa yang Anda lakukan. Meskipun demikian, langkah-langkah keamanan baru yang mengharuskan tim tertentu untuk memakai kamera tubuh tampaknya agak berlebihan.

Selama seminggu terakhir, kami telah mendengar leaker dan artis render melaporkan bahwa mereka telah menerima surat dari Apple yang meminta mereka untuk berhenti membocorkan produk baru. Dengan dugaan langkah-langkah keamanan kamera tubuh baru, tampaknya Apple sedang berupaya untuk menghentikan kebocoran.