Suara Teriakan Misterius di Langit Malam Texas
Ilustrasi foto (Marc Wieland/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini warganet di Texas, Amerika Serikat (AS) dihebohkan dengan suara teriakan misterius yang berasal dari langit. Suara teriakan melengking itu disertai gemuruh dan kilatan petir. 

Dilihat VOI dari akun Twitter @GNARLYLUST, suara misterius itu terdengar cukup jelas pada Senin malam, 1 Juni 2020. Tak hanya sekali, suara teriakan misterius itu terdengar jelas beberapa kali setelah kilatan cahaya petir.

"Suara yang menyeramkan terdengar di Bryan Texas, disertai petir dari langit. Tahun 2020 memang sudah benar-benar gila," tulis akun tersebut di Twitter, seperti dikutip VOI, Rabu, 3 Juni. 

Dalam utasan Twitternya, pemilik akun itu menunjukkan lokasi lain suara teriakan misterius itu dapat terdengar. Dari beberapa cuplikan videonya, suara misterius itu terdengar cukup jelas, sekalipun ia berada di dermaga atau jalan di sekitar komplek rumahnya. 

Unggahan suara teriakan misterius itu pun telah dire-tweet ratusan kali oleh warganet. Beberapa dari mereka juga mengunggah rekaman suara misterius yang sama, di tempat yang berbeda. 

Skyquake?

Adapun spekulasi lain yang berkembang saat ini adalah skyquake atau bunyi yang bersumber dari peristiwa atmosferik di langit sebagai sumber dentuman misterius. Tapi ini pun diragukan karena tidak ada laporan dari stasiun pendeteksi sonic boom dan tidak ada pesawat terbang dengan kecepatan suara.

Fenomena ini, sudah terdengar selama bertahun-tahun di berbagai belahan dunia. Beberapa bahkan menamai fenomena misterius ini dengan beragam istilah, mulai dari Barisal guns, Balza, Brontidi, Lagoni, atau umimari (tangisan dari laut) di Jepang.

VOI sempat menanyakan fenomena misterius ini pada Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin. Berdasarkan penjelasannya, fenomena suara teriakan atau dentuman misterius yang terjadi di langit tak bisa dijelaskan secara ilmiah. 

"Kalau terkait suara, saya tidak tahu. Saya berpendapat tidak ada penjelasan ilmiah soal suara dentuman," kata Thomas dalam pesan singkatnya kepada VOI

Dirinya juga meragukan bila suara dentuman atau teriakan misterius di langit dikatakan sebagai fenomena skyquake. Pasalnya belum ada penelitian secara ilmiah, terkait kapan dan bagaimana fenomena itu terjadi. 

Thomas yang juga ahli astronomi mengatakan dirinya tidak bisa menjelaskan secara ilmiah, karena faktanya tidak ada. “Sangat mungkin itu suara lokal yang berbeda-beda, tetapi dianggap saling terkait. Jadi seolah suara dentuman yang didengar di wilayah yang luas,” ungkapnya.

Hingga saat ini sumber dari suara teriakan atau dentuman masih misterius. Kejadian ini sama halnya dengan dentuman yang terjadi beberapa waktu lalu di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.