Se-<i>Fruit</i> Apple iPhone SE 2020
IPhone SE 2020 (dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple resmi memperkenalkan ponsel murahnya, yakni iPhone SE 2020. Berpenampilan mirip seri pendahulunya, ponsel ini jadi penerus iPhone SE yang diluncurkan empat tahun silam.

Pada varian pendahulunya SE mengambil desain ikonik dari iPhone 5S. Maka iPhone SE generasi kedua ini memiliki tampilan fisik yang mirip dengan iPhone 8. Yang membedakan terletak pada jeroan atau spesifikasi dari ponsel entry-level Apple milik ini.

Meski berpenampilan layaknya iPhone 5S, SE generasi pertama memiliki dapur pacu yang setara dengan iPhone 6S. Kini Apple mengulang resep tersebut pada iPhone SE 2020, dengan membenamkan spesifikasi yang sama dengan varian iPhone 11.

Sebagai keunggulannya iPhone SE 2020 memiliki prosesor Bionic A13, yang mana merupakan prosesor tercepat Apple saat ini. Tentu saja perusahaan yang bermarkas di Cupertino, AS ini tak ingin gawai terbarunya ini akan hadir tampa memberikan spesifikasi yang menggoda penggemarnya. 

Ada alasan tersendiri mengapa Apple berani menjual iPhone SE 2020, dengan harga murah namun memiliki spesifikasi yang cukup gahar di kelasnya. Menurut analis di Atlantic Equities, James Cordwell, Apple menyadari keinginan para konsumen untuk membeli model lama seperti iPhone 8, karena harganya yang lebih terjangkau.

"Mengingat harganya, iPhone SE bisa memperluas jangkauan penggunanya untuk mendapatkan ponsel Apple untuk jangka panjang namun dengan harga yang terjangkau," terang James seperti dikutip dari Mac Daily News.

iPhone SE 2020 (dok. Apple)

Apalagi Apple juga membundling iPhone SE dengan layanan Apple TV+ gratis selama setahun. Tujuannya agar bisa menarik hati para Apple fanboy untuk kembali menggunakan gawai iPhone.

Nah penasaran apa saja keunggulan dari ponsel ini? Simak beberapa fakta menarik yang VOI telah rangkum:

1. Serupa Tapi Tak Sama

Secara tampilan fisik, iPhone SE 2020 tak bisa dibedakan dengan model pendahulunya iPhone 8. Sebab ponsel ini menggunakan rasio dan resolusi panel layar yang sama, yakni berukuran 4,7 inci dengan Retina HD 1334x750 pixel. Apple juga mempertahankan tampilan desain tombol home lengkap dengan fitur Touch ID

2. Berkamera Tunggal 

Apple cuma memberikan satu kamera utama dengan resolusi 12MP wide-angle (f/1.8). Sedangkan kamera depannya beresolusi 7MP. Meski berkamera tunggal, Apple menyematkan berbagai fitur kekinian, seperti optical image stabilization, true tone flash, hingga kemampuan merekam gambar 4K video 60fps.

3. Chipset Anyar

Untuk dapur pacunya, Apple berbaik hati dengan membenamkan chipset Bionic A13 yang jadi andalan iPhone 11, Pro dan Pro Max. Berdasarkan bocoran dokumen situs Weibo, iPhone SE akan dibekali dengan memori RAM 3GB dan baterai berkapasitas 1.821 mAh.

4. Bisa Diajak Basah-basahan

Sama dengan kakaknya, iPhone SE 2020 juga telah memiliki sertifikat IP67 yang membuatnya tahan air dan debu. Apple berani menjamin kalau ponsel ini bisa bertahan di dalam air selama 30 menit. 

Varian warna iPhone SE 2020 (dok. Apple)

6. Harga yang Ramah Dikantong

Terlepas dari berbagai fitur yang dibenamkan, Apple cukup percaya diri untuk menjual iPhone SE 2020 dengan harga murah. Untuk varian standartnya, iPhone SE 2020 dibanderol dengan harga 399 dollar AS (Rp6,2 juta). Apple juga menawarkan opsi 128GB seharga 499 dolar AS (Rp7,85 juta) dan 256 GB yang dijual sekitar 549 dolar AS (Rp8,62 juta). 

Apple akan mulai membuka pre-order iPhone SE 2020 pada 17 April, sementara pendistribusian ponsel ini akan dilakukan pada 24 April mendatang. iPhone SE 2020 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni hitam, putih dan (PRODUCT) RED.