Bagikan:

JAKARTA – TikTok, platform distribusi video populer, menggelar program pelatihan bisnis secara gratis untuk pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM). Acara ini digelar pada Selasa, 11 Februari di Jakarta.

Acara bertajuk Ramadan Bareng TikTok itu dihadiri oleh 600 peserta UMKM dari berbagai wilayah. Para peserta dibekali wawasan dan kisah inspiratif untuk menghadapi penjualan di momen Ramadan. Mereka juga mendapatkan bekal tentang pembuatan konten menarik.

Ramadan Bareng TikTok merupakan bagian dari program #MajuBarengTikTok. Program ini diadakan secara rutin setiap tahunnya sejak 2021 untuk mengembangkan bisnis UMKM. Tahun ini, TikTok fokus pada peluang bisnis di bulan Ramadan.

Berdasarkan hasil studi TikTok bersama Toluna, momen Ramadan sangat penting bagi para pelaku UMKM karena konten hiburan mengalami banyak peningkatan. Tren ini dapat menguntungkan pelaku usaha sehingga TikTok ingin memberikan tips terbaik.

Saat sesi media briefing, Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia Marshiella Pandji mengungkapkan bahwa acara ini bukan satu-satunya upaya TikTok dalam mendukung UMKM di Indonesia.

Marshiella menjelaskan bahwa platform asal China itu juga mendukung pertumbuhan UMKM melalui dukungan kredit iklan. Tahun lalu, TikTok berhasil menyalurkan kredit iklan senilai 940 ribu dolar AS (Rp15,3 miliar).

"Kredit iklan ini kami berikan untuk mendukung atau meningkatkan distribusi konten-konten yang sifatnya edukatif dan bisa bermanfaat bagi pelaku UMKM," kata Marshiella. "Semangatnya tentu tidak jauh dari program #MajuBarengTikTok."

Kredit iklan merupakan bentuk tunjangan yang disediakan TikTok di dalam platformnya. Kredit ini dapat digunakan untuk membayar iklan yang ditampilkan di platform tersebut. Layanan ini diperkenalkan pertama kali di TikTok Southeast Asia Impact Forum 2023.

Sejak pertama kali diperkenalkan hingga tahun lalu, total kredit iklan TikTok telah meningkat hingga enam kali lipat. Sejauh ini, TikTok menyalurkan kredit iklan ke sepuluh lembaga pemerintah, badan usaha milik negara, mitra industri, dan LSM.

TikTok berkomitmen untuk terus mendukung jutaan UMKM di seluruh Indonesia. Selain memberikan dukungan kredit iklan, perusahaan itu juga menyediakan berbagai fitur bisnis yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk menjangkau konsumen baru.