Para Ilmuwan Mendorong Penggunaan Urin untuk Pupuk Sayuran
Ilustrasi perkebunan sayuran modern (foto: dok. pexels)

JAKARTA - Para ilmuwan sedang mendorong masyarakat untuk mendaur ulang urin mereka ke kebun sayuran. Mereka, mengklaim bahwa ini dapat menjadi sumber daya yang berguna untuk menyuburkan sayuran atau tanaman.

Para petani menghabiskan  128.000 dolar AS per tahun untuk pupuk sintetis guna menyuburkan menanam tanaman mereka, tetapi urin bisa menjadi alternatif yang ekonomis karena mengandung nitrogen dan fosforus yang penting untuk pertumbuhan dan promosi tanaman.

Pupuk kandang sapi saat ini digunakan untuk membantu menumbuhkan tanaman, tetapi para ilmuwan berpendapat bahwa urin tidak begitu berbeda dan bisa menjadi alternatif ramah lingkungan daripada dibuang ke toilet.

Nitrogen yang ditemukan dalam urin mencemari laut yang menyebabkan alga tumbuh secara berlebihan yang menyuffokasi terumbu karang dan meracuni kehidupan laut - dan para ilmuwan berbagi campuran untuk menggunakan urin di kebun rumah Anda.

Orang dewasa rata-rata membuang 132 galon urin setiap tahun yang dapat diubah menjadi pupuk yang tidak berbau dan ekonomis untuk tanaman.

"Urin kita sepadan dengan emas," kata peneliti Divina Gracia P. Rodriguez kepada ScienceNorway. "Pikirkan semua pupuk yang kita lewatkan sekarang. "Sudah waktunya kita mulai mengumpulkan dan memanfaatkan limbah kita sendiri."

Para peneliti sedang mengembangkan toilet yang dapat memisahkan urin dari sisa air dan telah mulai mengujinya di Bahir Dar, Ethiopia.

Setelah dipisahkan, urin dapat dikeringkan dan diubah menjadi pelet murah yang tidak berbau yang dapat disebar di lahan pertanian untuk memupuk tanaman.

Walaupun konsep ini mungkin tidak menarik bagi kebanyakan orang, Anne Spurkland, profesor dan peneliti medis di University of Oslo, mengatakan kepada ScienceNorway bahwa ini 'benar-benar aman.'

Spurkland mengatakan ada cara untuk menerapkan metode ini di rumah dengan mencampur satu bagian urin dengan sembilan bagian air dan menyemprotkan cairan tersebut ke sayuran dengan kaleng penyiraman berhidung sempit.

“Bakteri tanah mengubah nitrogen menjadi blok bangunan baru yang dimanfaatkan tanaman,” kata Spurkland.

Meskipun ide ini mungkin terdengar aneh, peneliti di University of Michigan mengonfirmasi dalam sebuah studi tahun 2020 bahwa pupuk urin dapat digunakan tanpa rasa takut bahwa itu bisa menyebarkan infeksi resisten antibiotik.

Ilmuwan khawatir bahwa orang yang memberikan urin kepada petani dapat memiliki infeksi saluran kemih (ISK) yang dapat mengandung DNA dari bakteri.

Studi tersebut menemukan bahwa jika urin tidak didistribusikan secara segar dan diinkubasi selama 10 jam, terjadi penurunan 99 persen dalam gen resisten antibiotik.

“Manusia telah mengumpulkan urin dan menggunakannya sebagai pupuk selama waktu yang sangat lama, tetapi kemudian di barat itu benar-benar berhenti dengan penemuan sistem pembuangan kotoran,” kata Dr. Krista Wigginton, seorang co-author dari studi tersebut kepada The Guardian.

“Kami hanya mencoba sekarang untuk mencari tahu dengan sistem infrastruktur ini, bagaimana cara kita mundur dan memikirkan secara berbeda tentang apa yang masuk ke dalam sistem pembuangan ini dan menangkap beberapa produk berharga sebelum [mereka] dicampur dan diencerkan dengan segala sesuatu yang lain?”

Terkait