Elon Musk Bertemu Pejabat Tinggi di Beijing untuk Bahas Perkembangan Teknologi Full Self-Driving
CEO Tesla, Elon Musk, tiba di Beijing (foto: x @cctv)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Tesla, Elon Musk, tiba di Beijing pada  Minggu 28 April, dalam kunjungan yang tidak diumumkan secara resmi. Ia diharapkan bertemu dengan pejabat tinggi negara itu untuk membahas peluncuran perangkat lunak Full Self-Driving dan izin untuk mentransfer data ke luar negeri.

Media negara China melaporkan bahwa Musk bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang di Beijing. Li mengatakan kepada Musk bahwa pengembangan Tesla di China dapat dianggap sebagai contoh sukses dari kerja sama ekonomi dan perdagangan AS-China.

Perusahaan kendaraan listrik AS tersebut menggulirkan Full Self-Driving, atau FSD, versi paling otonom dari perangkat lunak Autopilot-nya, empat tahun lalu namun belum membuatnya tersedia di China, pasar terbesarnya kedua secara global, meskipun pelanggan mendorongnya untuk melakukannya.

Musk mengatakan bulan ini Tesla mungkin akan membuat FSD tersedia bagi pelanggan di China "segera," sebagai respons terhadap pertanyaan di platform media sosial X.

Pes konkuren otomotif China seperti Xpeng telah berusaha untuk mendapatkan keunggulan atas Tesla dengan meluncurkan perangkat lunak serupa.

Musk berencana untuk mendapatkan persetujuan untuk mentransfer data yang dikumpulkan di negara tersebut ke luar negeri untuk melatih algoritma untuk teknologi pengemudi otonomnya, kata orang tersebut.

Penyiar  CCTV, dalam laporannya tentang pertemuan Musk dengan Li, tidak mengatakan apakah keduanya telah membahas FSD, atau data.

Sebelumnya pada hari itu, laporan terpisah yang disiarkan oleh radio negara mengatakan bahwa Li telah mengunjungi pameran otomotif Beijing yang sedang berlangsung dan telah berkomentar tentang bagaimana sektor kendaraan energi baru (NEV) pintar China telah mendapatkan posisi terdepan di pasar dan bahwa negara harus bekerja keras dan mempertahankan keunggulannya.

Musk juga bertemu dengan Ren Hongbin, seorang pejabat pemerintah yang menjabat sebagai Ketua Dewan Promosi Perdagangan Internasional China, penyelenggara pameran otomotif Beijing.

"Bagus melihat kendaraan listrik membuat kemajuan di China. Semua mobil akan listrik di masa depan," kata Musk dalam video yang diposting di media sosial oleh pengguna yang berafiliasi dengan media negara.

Kunjungan Musk datang sedikit lebih dari seminggu setelah ia membatalkan kunjungan yang direncanakan ke India untuk bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi, dengan alasan "kewajiban Tesla yang sangat besar."

Perusahaan tersebut mengatakan bulan ini bahwa akan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap 10% dari total tenaga kerjanya global karena menghadapi penurunan penjualan dan persaingan harga yang semakin intens untuk EV yang dipimpin oleh merek China.

Regulator keselamatan otomotif AS mengatakan pada Jumat mereka telah membuka penyelidikan untuk menentukan apakah recall Tesla terhadap lebih dari 2 juta kendaraan di AS yang diumumkan pada bulan Desember untuk menginstal perlindungan Autopilot baru sudah memadai setelah serangkaian kecelakaan.

Mendarat di Beijing

Sebuah jet pribadi Gulfstream dengan nomor ekor N272BG, yang terdaftar untuk Falcon Landing, sebuah perusahaan yang terhubung dengan SpaceX dan Tesla, mendarat di Bandara Internasional Beijing pada  Minggu pukul 0603 GMT, menurut aplikasi pelacakan penerbangan China, Flight Manager.

Jet lain yang terdaftar di bawah Falcon Landing adalah N628TS, yang merupakan jet utama Musk yang digunakan untuk melakukan perjalanan ke China dalam kunjungannya yang terakhir hampir setahun yang lalu, ketika ia bertemu dengan pejabat pemerintah China di Beijing dan mengunjungi pabrik Tesla di Shanghai.

Tesla telah menjual lebih dari 1,7 juta mobil di China sejak memasuki pasar tersebut satu dekade yang lalu dan pabrik Shanghai adalah yang terbesar di seluruh dunia.

Kunjungan Musk bertepatan dengan pameran otomotif Beijing, yang dibuka pekan lalu dan berakhir pada 4 Mei. Tesla tidak memiliki stan di pameran otomotif terbesar China tersebut dan terakhir kali menghadiri acara tersebut pada tahun 2021.

CEO GM Mary Barra melakukan kunjungan tak terduga ke pameran tersebut di pasar otomotif terbesar di dunia pada hari Jumat, menurut dua orang yang mengetahui jadwalnya. GM tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Juga pada hari Jumat, Grace Tao, wakil presiden Tesla yang bertanggung jawab atas hubungan eksternal di China, mempublikasikan sebuah komentar di akun media sosial dari media negara People's Daily, berargumen bahwa teknologi pengemudi otonom akan menjadi mesin pertumbuhan baru untuk industri EV.

Tao mengatakan dalam artikel tersebut bahwa Tesla memimpin riset dan pengembangan pengemudi otonom dengan teknologi "neural network end-to-end" dan data yang dikumpulkan dari jutaan mobil di jalan.

Kondisi lalu lintas yang rumit di China dengan lebih banyak pejalan kaki dan pengendara sepeda daripada di banyak pasar lain menyediakan lebih banyak skenario  kunci untuk melatih algoritma pengemudi otonom dengan lebih cepat, menurut para ahli industri.

Musk mengatakan pekan lalu bahwa Tesla akan memperkenalkan model-model baru yang lebih murah menggunakan platform EV dan jalur produksi saat ini dan akan menawarkan "robotaxi" baru dengan teknologi self-driving. Dia mengatakan dalam sebuah posting di X bulan ini bahwa dia akan mengungkapkan robotaxi pada 8 Agustus.