Warga China Dihukum atas Pembelian Tether dalam Kegiatan Pencucian Uang Virtual
Ilsutrasi Tether (USDT). (foto: twitter @tethergold)

Bagikan:

JAKARTA - Seorang warga di China yang hanya diidentifikasi sebagai "Mr. Chen" telah dihukum oleh Kejaksaan Rakyat Fuzhou Mawei atas tuduhan "pelanggaran penyembunyian dan penyembunyian kejahatan" karena membeli Tether senilai 94.988 yuan China (Rp197,4 juta) untuk seseorang yang dikenalnya.

Menurut laporan berita lokal, Mr. Chen dihubungi oleh Mr. Lin, kenalannya, sekitar Februari 2022 untuk memposting rincian kartu banknya di aplikasi media sosial WeChat. Mr. Chen kemudian menerima tujuh transfer yuan fiat dari Mr. Lin, yang digunakan oleh Mr. Chen untuk membeli USDT.

Stablecoin tersebut kemudian dikirim kembali kepada Mr. Lin. Melalui proses ini, Mr. Chen mendapatkan total komisi sebesar 147,1 yuan (Rp306 ribu).

"Penipu menggunakan mata uang virtual untuk mentransfer dan mencuci uang hasil kejahatan. Jenis pencucian uang online dengan menggunakan nama pembelian mata uang virtual, mengetahui bahwa orang lain menggunakan jaringan informasi untuk melakukan kejahatan, dan memberikan bantuan kepada mereka, telah melanggar hukum," ungkap Kejaksaan Rakyat Fuzhou Mawei.

Kejaksaan Rakyat Fuzhou Mawei kemudian menjatuhkan hukuman sembilan bulan penjara kepada Mr. Chen, ditangguhkan selama satu tahun, serta denda sebesar 5.000 yuan (Rp10,4 juta).

Sejak awal tahun, otoritas China telah melakukan penindakan tegas terhadap aktivitas kripto di negara tersebut. Minggu lalu, Jinfeng Sun, komisaris politik Biro Keamanan Jaringan, mengatakan bahwa teknologi seperti blockchain dan kecerdasan buatan terlibat dalam serangkaian insiden terkait "penipuan dan pencurian data."

Namun, penindakan ini tampaknya luas dan tidak hanya terbatas pada upaya pencegahan kejahatan. Pada bulan Juli, protokol Multichain senilai 1,5 miliar dolar AS (Rp22,6 triliun) ditutup oleh polisi China setelah CEO-nya ditangkap. Sejak itu, aset yang dihubungkan pengguna, serta dana perusahaan, secara misterius telah ditukarkan menjadi koin privasi dan stablecoin, dan dihubungkan keluar dari protokol. Tidak pernah diberikan penjelasan mengapa hal ini terjadi.