Cara Cek Status Penerbangan Liburan Tahun Baru Anda di Google Assistant
Google Assistant dapat melihat status penerbangan yang Anda pesan. (foto: dok. google)

Bagikan:

JAKARTA - Selain berguna untuk memberikan informasi cuaca, memutar lagu dan lainnya, Google Assistant juga dapat melihat status penerbangan yang Anda pesan untuk liburan Tahun Baru ini, dan kapan pun yang Anda butuhkan.

Hal ini cukup penting bagi Anda yang mudah lupa. Namun, sebelum membanjiri pertanyaan kepada Google Assistant, sebaiknya Anda perlu mengaktifkan fitur Personal Result.

Alat itu dapat memastikan Google Assistant mengetahui semua detail penting seperti kota tempat Anda tinggal saat ini dan alamat email Anda untuk membagikan semua informasi yang diperlukan.

Setelah diaktifkan, Anda dapat memeriksa detail maskapai, tarif, informasi rute, penundaan, jadwal penerbangan yang akan datang, dan destinasi terbaik yang bisa Anda kunjungi, semua dengan perintah suara sederhana.

Untuk memulai, pastikan aplikasi Google Home diinstal di ponsel atau tablet Anda, kemudian login ke akun Google yang sama. Berikut cara agar Google Assistant dapat memantau status penerbangan Anda, dikutip dari Slashgear, Kamis, 29 Desember.

Cek Status Booking Penerbangan dengan Google Assistant

Saat Anda memesan satu atau dua penerbangan, Anda memiliki beberapa cara untuk memeriksa statusnya masing-masing, termasuk menghubungi maskapai penerbangan, masuk ke akun maskapai Anda, atau menelusuri email Anda.

Dengan Google Assistant, Anda tak perlu melakukan hal itu, alat ini akan menyederhanakannya. Jika Anda mengantre beberapa penerbangan untuk dilacak, Anda dapat memeriksa status setiap penerbangan dengan perintah suara seperti "Ok Google, kapan penerbangan saya berikutnya?" atau "Hai Google, apakah penerbangan saya yang akan datang sesuai jadwal?"

Anda dapat mengucapkan frasa sederhana seperti "Oke Google, kapan penerbangan saya ke Jakarta?" untuk mendapatkan informasi penting seperti tanggal, waktu, tujuan, dan rute.

Anda juga bisa sespesifik mungkin untuk mendapatkan hasil terbaik, terutama untuk waktu keberangkatan dan info keterlambatan.

Misalnya, perintah seperti "Hai Google, apakah penerbangan Emirates saya tertunda?" maka Google Assistant akan segera memberi tahu Anda. Anda juga dapat memberikan perintah seperti "Hai Google, jam berapa penerbangan saya?" kemudian, ia akan memberi Anda info tentang beberapa penerbangan yang dipesan.