Manfaat Digitalisasi UMKM yang Berhubungan dengan Keuntungan dan Cara Melakukannya
Ilustrasi marketing digital UMKM (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sudah saatnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi, terutama yang berkaitan dengan digitalisasi. Hal itu dilakukan untuk pertumbuhan UMKM itu sendiri. Manfaat digitalisasi UMKM juga berkaitan dengan keuntungan yang akan di dapat hingga cara pemasarannya.

Manfaat Digitalisasi UMKM

Digitalisasi UMKM adalah perpindahan metode analog yang dilakukan oleh UMKM ke mode digital. Mode yang dimaksud berkaitan dengan banyak hal, mulai dari sistem hingga pemasaran. Dengan melakukan digitalisasi, UMKM akan berkembang dan mampu bertahan di era teknologi digital seperti sekarang. Dengan melakukan digitalisasi, UMKM setidaknya akan menapat manfaat sebagai berikut.

  1. Mengikuti Perkembangan Zaman

Pemerintah terus menggemborkan program yang berkaitan dengan revolusi industri 4.0, termasuk mendorong pelaku UMKM untuk terjun ke dunia digital. Dengan langkah digitalisasi, UMKM mampu mengikuti perkembangan zaman, baik dari sisi produk maupun pemasaran yang berdampak ke peningkatan penjualan.

  1. Efisiensi Modal

Modal jadi faktor penting dalam menjaga ketahanan UMKM. Oleh karenanya modal harus dikelola seefisien mungkin. Digital tentu jadi cara yang tepat untuk menjaga agar modal bisa digunakan secara efisien karena teknologi digital membantu pengusaha melacak upaya bisnis melalui data dan angka.

  1. Menjangkau Pasar Lebih Luas

Poin ini sudah tidak diragukan lagi karena digital mampu menjangkau pasar lebih luas dan lebih detil. Dengan digital, pengusaha mampu menjangkau pasar hingga ke seluruh pelosok negeri bahkan ke luar negeri. Hal tersebut akan berdampak pada peningkatan penjualan.

  1. Memudahkan Transaksi Jual-Beli

Saat ini tersedia banyak metode transaksi yang bisa dipilih oleh konsumen. UMKM yang memiliki platform pembayaran beragam lebih disukai oleh konsumen karena memudahkan mereka melakukan transaksi. Adanya kemudahan transaksi juga tidak membatasi jangkauan pasar hingga ke luar negeri yang memiliki mata uang berbeda.

  1. Mudah Mencari Peluang Baru

Seorang pengusaha harus bisa mengembangkan produk yang tidak hanya didasarkan pada inovasi belaka namun pada kebutuhan pasar. Langkah tersebut bisa dicapai dengan jalan digital karena informasi terkait pasar bisa didapat dengan mudah.

  1. Berpotensi Merajai Pasar

UMKM bisa berkembang pesat bahkan berpeluang merajai pasar. Dengan data yang didapat dari konversi digital, ditambah dengan proses analisis peluang pasar, UMKM seharusnya bisa menjadi pemasok utama sebuah komoditas dan merajai pasar.

Cara Digitaliasi UMKM

Digitalisasi UMKM tidak hanya dilakukan pada satu sisi bisnis, namun keseluruhan. Mulai dari sistem penjualan hingga pemasaran. Langkah pemanfaatan teknologi untuk meraih manfaat digitalisasi UMKM adalah sebagai berikut.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Saat ini ada banyak media sosial yang mendukung pengusaha untuk menjangkau pemasaran dan meningkatkan brand awareness di kalangan konsumen. Langkah yang bisa dilakukan pertama kali adalah dengan membangun media sosial UMKM Anda.

  1. Maksimalkan Market Place

Market place jadi semacam “swalayan” online yang bisa menarik banyak konsumen. Pengusaha harus bisa memanfaatkan market place dengan baik. Usahakan toko online Anda memiliki produk yang lengkap dan pelayanan yang profesional.

  1. Ikuti Trend Lewat Kanal Digital

Trend yang saat ini ada berbeda dengan trend lima atau sepuluh tahun yang lalu. Oleh karenanya pemilik UMKM harus tahu trend apa yang saat ini digandrungi masyarakat. Update trend bisa dilakukan dengan riset lewat kanal digital yang saat ini banyak tersedia, mulai dari portal berita, website, YouTube, media sosial, dan sebagainya.

Itulah informasi terkait manfaat digitalisasi UMKM. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.