Indonesia Jalin Kerja Sama dengan Beberapa Negara Untuk Bangun Infrastruktur Telekomunikasi
Ilustrasi telekomunikasi kabeloptik (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia telah menjalin kerja sama dengan Prancis, Inggris, Amerika Serikat dan Argentina. Kerja sama tersebut berkaitan dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi, yang diharapkan untuk dapat memperkuat simpul jaringan telekomunikasi global. 

“Dengan Prancis dan Inggris, Indonesia sudah membangun infrastrukturnya berupa kerja sama di pengadaan dan penempatan satelit. Kalau dengan Amerika Serikat, kita sudah punya kerja sama peluncur roket untuk membawa satelit ke orbit satelit," kata Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam siaran pers Kemenkominfo, dikutip Senin, 26 September. 

Johnny menambahkan, selain dengan Prancis dan Inggris, Indonesia juga harus membangun relasi baru dengan Uni Eropa lainnya. Kerja sama tersebut juga akan berlangsung dalam berbagai tingkatan.  

Menkominfo bahkan menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia telah berdiskusi dengan Pemerintah Argentina saat Digital Economy Working Group (DEWG) tentang beberapa jalur transmisi data ke Amerika Serikat dan dari Amerika Serikat ke Indonesia.

“Kami mendiskusikan untuk membangun satu jalur baru yaitu Jalur Selatan yang menghubungkan jaringan dari Australia ke Argentina, yang terhubung dengan jaringan di Amerika Latin ke Amerika Serikat. Jadi kita nanti punya beberapa jalur transmisi data ke Amerika Serikat dan dari Amerika Serikat ke Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Johnny berharap agar konektivitas kabel optik yang saat ini sedang dibangun di dalam negeri ini akan menghubungkan jalur Indonesia ke Singapura melalui Timur Tengah ke Eropa.

“Kita di Indonesia juga sedang menghubungkan titik fiber optic.  Dengan harapan, pada saat jaringan itu sudah terhubung dengan baik, maka utilisasi fiber optic akan meningkat. Inilah bagian dari Digital Economy di bidang ICT Infrastructure hulu,” tuturnya.