Apa Itu NFT dan Bagaimana Cara Berbisnis NFT
NFT pertama yang pernah dicetak dan dipublikasikan (news.artnet.com)

Bagikan:

YOGYAKARTA - NFT merupakan singkatan dari Non Fungible Token. Pengertian dari NFT adalah salah satu aset kriptografi pada blockchain dengan kode identifikasi unik beserta metadata yang membedakannya satu sama lain. Jadi NFT tidak ada yang sama.

Tentunya NFT berbeda dengan cryptocurrency dimana NFT tidak dapat diperdagangkan atau ditukar. Namun bagaimana ini bisa mejadi salah satu yang bernilai? NFT dapat mewakili barang-barang dunia nyata seperti karya seni dan real estate. Ini terkait dengan otentik yang ada di kripto dimana metadata memiliki perbedaan.

Didasarkan pada blockchain NFT nyatanya dapat menjadi pemangkas perantara. Menghubungkan secara langsung antara creator dan pembeli. Tentu ini sangat menarik sehingga jika anda memiliki karya NFT maka hanya anda di dunia yang memiliki harta karun NFT tersebut.

Hanya saja kita perlu jeli untuk melihat ini sebagai lahan investasi. Karena beberapa kali terlihat NFT menurun bergantung harga dari[pada token. Karya NFT sangatlah jenius di era sekarang, ini akan sangat membantu originalitas daripada sebuah karya.

Cara Kerja NFT

NFT memiliki cara kerja yang sangat unik yang mana data tersebut berada di sistem penyimpanan data digitalnya. Hal ini membuat pengguna bisa saling transfer data secara rahasia. Melalui skema enkripsi dalam kriptografi data NFT tidak bisa dimiliki oleh pengguna lain, karena thanya ada satu.

Cara Berbisnis NFT

Ada 4 yang tercatat sebagai alasan kuat orang untuk membeli NFT dimulai dari menghasilkan profit hingga flexing. Kami mencatatnya sebagai berikut

  1. Karena profit pendek
  2. Karena Flexing
  3. Karena mencintai karya seni digital dan menghargai karya
  4. Untuk token game

Dari empat tersebut nyatanya nomor satu menjadi data yang paling banyak didapat. Mereka membelinya hingga harga NFT naik dan menjualnya dipasaran. Namun ini akan berakibat buruk jika saja salah memilih karya seni dengan harga yang akhirnya hancur.

Nomor empat menjadi hal yang paling realistis untuk berbisnis kecil kecilan. Bahkan di Indonesia sendiri banyak hunter NFT di group telegram.

NFT Termahal di Dunia

NFT menjadi salah satu asset digital di kriptografi, nyatanya ada beberapa yang termahal didunia yang telah kami catat. Setidaknya ada 22 NFT termahal di dunia

  1. CryptoPunk #6965
  2. Kevin Mc Coy – Quantum
  3. XCOPY – Death Drip
  4. The Best I Could Do
  5. The First Tweet
  6. Fidenza #313
  7. Doge
  8. Replicator
  9. CryptoPunk #2338
  10. Save Thousands of Lives
  11. Stay Free
  12. CryptoPunk #7252
  13. World Wide Web Source Code
  14. CryptoPunk #5217
  15. Ocean Front
  16. Crossroad
  17. CryptoPunk #3100
  18. CryptoPunk #7804
  19. CryptoPunk #7523
  20. CLOCK
  21. Everydays: The First 5000 Days
  22. The Merge

Harganya mencapai milyaran, ini tentu akan sangat tidak realistis. Hanya saja jika orang sudah memiliki banyak uang mungkin ini akan jadi lahan yang menarik.

CryptoPunk adalah kumpulan 10.000 karakter digital yang dikembangkan oleh Matt Hall dan John Watkinson dari Studio Larva Labs.

Quantum adalah NFT pertama yang pernah dicetak dan dipublikasikan di blockchain. Diluncurkan pada acara Rhizome’s Seven on Seven Conference di tahun 2014, Quantum berhasil terjual seharga $1,58 juta.

Death Drip adalah NFT ke-14 yang dicetak pionir seni crypto yang berbasis di London, XCOPY. Dikategorikan sebagai Super Rare, karya ini adalah salah satu NFT termahal di dunia yang dihargai $1,58 juta.

The Best I Could Do, Karya ini menampilkan coretan karakter yang dikembangkan oleh co-creator serial kartun modern “Rick and Morty”, Justin Roiland. Karya ini berhasil terjual seharga $1,65 juta.

NFT Fidenza oleh Tyler Hobbs berhasil terjual seharga 1.000 ETH atau setara dengan $3,3 juta. NFT Fidenza sendiri merupakan koleksi dari Art Blocks yang telah berhasil mengumpulkan trading volume sebesar $294 juta pada bulan Agustus 2022.

Doge, sebuah gambar Shiba Inu yang telah menjadi salah satu meme paling ikonik di internet juga telah berhasil dilelang dalam bentuk NFT dengan nilai $4 juta pada awal Juni lalu.

Replicator merupakan karya seni digital yang dirancang oleh Micah “Mad Dog Jones” Bowbak ini terjual di pelelangan pada April 2021 lalu dengan harga $4,1 juta.

Yang telah tercatat tentuny merupakan mahakarya, dan banyak lagi yang belum diketahui terkait dengan harga nft ini.