Apple Gagal Luncurkan Layanan Pay Later Tahun Ini
Apple Pay Later di Aplikasi Apple Pay (foto: Dok. Apple)

Bagikan:

JAKARTA - Apple sepertinya menunda peluncuran fitur Pay Later mereka hingga tahun depan, diklaim perusahaan tengah menghadapi tantangan teknis pada layanannya itu.

Dilaporkan oleh jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, kemungkinan besar Apple Pay Later tidak akan muncul hingga peluncuran iOS 16.4. Gurman menyatakan, hal ini disebabkan Apple menghadapi tantangan teknis dan rekayasa yang cukup signifikan dalam meluncurkan layanan tersebut.

"Apple tidak sepenuhnya yakin kapan Apple Pay Later akan siap diluncurkan. Kita mungkin tidak akan melihatnya sampai rilis iOS 16.4 pada musim semi 2023. (Sebab ada) tantangan teknis dan rekayasa yang cukup signifikan dalam meluncurkan layanan, yang menyebabkan penundaan,” ungkap Gurman.

Sebelumnya, Apple mengatakan Pay Later atau fitur bayar nanti akan tiba berbarengan dengan iOS 16 ketika pertama kali mengumumkan layanan tersebut di WWDC 2022 pada Juni lalu.

Namun, setelah iOS 16 keluar, Apple Pay Later belum juga muncul dan bocoran kecil di laman iOS 16 Apple mengatakan layanan tersebut akan datang dalam pembaruan di masa mendatang.

Melansir The Verge, Senin, 26 September, seperti yang dikatakan Gurman, Apple Pay Later merupakan satu-satunya fitur di iOS 16 yang belum dirilis, dan belum diketahui pasti kapan akan muncul.

Apple Pay Later ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran melalui Apple Pay dan kemudian membayarnya kembali dalam empat kali cicilan tanpa bunga.

Tidak jelas apa tantangan yang sedang dihadapi raksasa asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu. Namun, diklaim setelah Apple Pay Later diluncurkan, ia memiliki potrensi untuk menjangkau lebih banyak pengguna daripada layanan pay later lainnya, karena fitur tersebut dibangun langsung ke dalam iPhone.