Serius Saingi TikTok, YouTube Tambahkan <i>Watermark</i> ketika Kreator Mendownload Video Shorts
YouTube siap saingi TikTok (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube menjadi salah satu aplikasi yang berusaha bersaing dengan TikTok dengan 'Shorts' nya. 

Dua hari yang lalu, tepatnya pada Rabu, 17 Agustus, YouTube mengumumkan bahwa mereka menghadirkan watermark untuk video Shorts nya. 

Jadi, jika Anda seorang kreator yang ingin mendownload Shorts Anda dari YouTube Studio, Anda akan menemukan watermark pada video yang Anda download. 

"Jika Anda adalah kreator yang mendownload Shorts Anda dari YouTube Studio untuk dibagikan ke seluruh platform lain, Anda sekarang akan menemukan watermark yang ditambahkan ke konten yang Anda download," kata Sara, Manajer Komunitas YouTube dalam pengumumannya. 

Menurut YouTube, menambahkan watermark adalah cara untuk menggapai lebih banyak audiens dari semua platform selain YouTube. 

"Kami telah menambahkan watermark ke Shorts yang Anda unduh sehingga pemirsa Anda dapat melihat bahwa konten yang Anda bagikan di seluruh platform dapat ditemukan di YouTube Shorts," tambahnya. 

Watermark untuk Shorts direncanakan untuk siap diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan di desktop. 

YouTube juga mengungkapkan rencananya untuk membawa fitur ini lebih luas ke pengguna seluler dalam beberapa bulan mendatang. 

Tampaknya jelas kalau YouTube sangat serius dengan Shorts nya untuk bersaing melawan TikTok. Karena TikTok sudah lebih dulu membuat watermark untuk video para penggunanya jika dibagikan di platform lain. 

Sementara itu, TikTok sedang fokus merencanakan caranya agar mendapatkan lebih banyak audiens dari berbagai platform melalui opsi untuk berbagi video TikTok langsung ke Instagram dan Facebook.