Meta akan Menghentikan Fitur Live Shopping di Facebook pada Bulan Oktober
Facebook hentikan fitur Live shopping (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Meta berencana untuk menghentikan fitur belanja langsung atau Live Shopping di Facebook mulai 1 Oktober 2022 nanti. 

Live shopping pertama kali diluncurkan pada dua tahun lalu. Fitur ini dibuat untuk memberi penjual cara interaktif untuk menjual barang, terhubung dengan pemirsa, dan berpotensi mendapatkan pelanggan baru.

"Mulai 1 Oktober 2022, Anda tidak dapat lagi menyelenggarakan acara Belanja Langsung baru atau terjadwal di Facebook," tulis perusahaan dalam sebuah blog. 

Perusahaan mencatat, bahwa Anda masih dapat menggunakan Facebook Live untuk menyiarkan siaran langsung biasa, tetapi Anda tidak akan dapat membuat daftar putar produk atau menandai produk di video Facebook Live Anda.

Sebagai gantinya, Meta mengatakan, perusahaan akan memfokuskan diri pada fitur video pendeknya, Reels

"Karena perilaku menonton konsumen beralih ke video bentuk pendek, kami mengalihkan fokus kami ke Reels di Facebook dan Instagram, produk video bentuk pendek Meta," sambungnya.

Meta menyarankan untuk para pelaku bisnis mulai bereksperimen dengan Reels, guna menjangkau lebih banyak orang atau pelanggan. 

"Jika Anda ingin menjangkau dan melibatkan orang melalui video, cobalah bereksperimen dengan iklan Reels di Facebook dan Instagram. Anda juga dapat menandai produk di Reels di Instagram untuk memungkinkan penemuan dan pertimbangan yang lebih dalam," katanya. 

Sementara fitur love shopping di Facebook akan hilang pada bulan Oktober nanti, tidak ada salahnya Anda menyiapkan platform cadangan untuk itu, Instagram contohnya. 

Terakhir, jika Anda ingin mempertahankan video live sebelumnya, Anda dapat mendownload video Anda di Halaman Anda atau di Creator Studio. 

Terkait