Permintaan iPhone 13 Terus Meningkat, Apple Ungkap Produk Lanjutannya Sudah Mulai Diproduksi
Penjualan iPhone terus meningkat. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

PALEMBANG - Penjualan iPhone 13 terus berjalan ramai di tengah pasar iPhone global yang sedang lesu. Apple Inc menanggapi fenomena tersebut dengan harapan penjualan iPhone 14 ketika diluncurkan nantinya dapat meraih banyak pasar.

Tingginya harapan Apple untuk iPhone 14 yang akan datang menggarisbawahi kepercayaan yang berkembang di antara analis Wall Street bahwa penjualan produk perusahaan asal Cupertino, California ini, kemungkinan akan bertahan lebih baik daripada industri  smartphone yang lebih luas jika ekonomi utama memasuki lebih resesi.

Apple, yang melaporkan pendapatan kuartal ketiga pada 28 Juli, ekspektasinya kepada pemasok dalam perkiraan awal saat melakukan uji coba produksi iPhone 14.

Analisis tidak percaya bahwa inflasi pada barang-barang inti seperti makanan dan bahan bakar telah mengambil korban yang lebih rendah pada pengguna yang relatif kaya. Pengamat industri seperti Ketua Fubon Securities Investment Services Co, Charles Hsiao, yakin permintaan konsumen atas produk elektronik akan keseluruhan tahun ini dan tahun depan.

Perlambatan ekonomi di China telah menggerogoti pasar  smartphone.  Ini membuat penjualan global turun 10% dari tahun ke tahun menjadi 96 juta unit pada Mei, menurut Counterpoint Research. “Ini hanya kedua kalinya dalam hampir satu dekade bahwa angka bulanan telah turun di bawah 100 juta handset, kata Counterpoint Research, seperti dikutip  Reuters.

Penjualan iPhone 13 Terus Melonjak 

Namun dua sumber rantai pasokan iPhone mengatakan kepada  Reuters  bahwa penjualan iPhone terus berjalan dengan baik di bulan Juli meskipun ada tanda-tanda penurunan permintaan pasar untuk pembuat  smartphone  lainnya. "Yang lain mulai," kata salah satu sumber.

Sumber kedua mengatakan pengiriman Juli untuk iPhone 13 dari satu pabrik bahkan sepertiga lebih tinggi dari Juli tahun lalu. Pola itu sangat tidak biasa karena penjualan model iPhone saat ini cenderung melambat pada bulan Juli dan Agustus karena konsumen menunggu model baru yang dirilis Apple secara tradisional pada bulan September 2022.

“Dilihat dari pengirimannya, penjualan iPhone 13 cukup bagus,” kata sumber kedua.

Penerus iPhone 13 Sudah Mulai Diproduksi oleh Apple

Menurut analis Cowen Krish Sankar, Produk iPhone terus terjual dengan baik di akhir siklusnya sebagian karena "permintaan China rebound tajam setelah penguncian berakhir dan iPhone adalah penerima manfaat" dari liburan belanja Juni di China,.

Sesuai dengan jadwal tahunannya, Apple telah memulai produksi uji coba penerus iPhone 13 dengan tujuan meningkatkan produksi massal pada Agustus sehingga perangkat dapat mulai dikirimkan pada musim gugur. Perkiraan pengiriman awal yang diberikan Apple kepada pemasok "sedikit lebih tinggi" daripada iPhone 13 tahun lalu.

“Ini sedikit lebih tinggi dari tahun lalu. Itu bagus, tapi tidak terlalu bagus," kata sumber kedua seperti dikutip Reuters.

Namun para analis tetap memperkirakan yakin pengiriman iPhone 13 di kuartal ketiga akan turun sekitar 1%, sementara pengiriman handset secara keseluruhan bisa turun sebanyak 13%.

Ikuti terus berita dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI Sumsel . Kami menghadirkan berita Sumatera Selatan terkini dan terlengkap untuk Anda.