Ukraina Terima Donasi Uang Kripto untuk Memperkuat Tentaranya Hadapi Agresi Rusia
Ukraona buka donasi uang kripto untuk pasukannya. (foto: twitter @Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA – Rusia, Kamis, 24  Febriari meluncurkan invasi skala penuh ke Ukraina di berbagai bidang. Serangan ini, mendorong tanggapan cepat dari pemerintah Ukraina dalam memobilisasi pasukan, warga sipil bersenjata dan meminta para pemimpin dunia untuk datang membantunya.

Pada hari yang sama, Kementerian Pertahanan Ukraina mulai menerima sumbangan untuk angkatan bersenjatanya dengan membuka rekening bank khusus untuk transfer kawat mata uang asing. Tentara Ukraina menyatakan “banyak permintaan dari individu dan badan hukum yang bukan penduduk Ukraina dan ingin memberikan sumbangan.” Tampaknya satu bagian dari memo tersebut menarik perhatian pengguna media sosial.

“Undang-undang nasional tidak mengizinkan Kementerian Pertahanan Ukraina untuk menggunakan sistem pembayaran lain (‘Webmoney,’ ‘Bitcoin,’ ‘PayPal,’ dll.)”

Penggemar Crypto dengan cepat menggunakan akun Twitter pemerintah Ukraina, tempat tautan itu diposting, untuk meminta penerimaan sumbangan mata uang digital.

Misalnya, pengguna TechLeakers menulis: “Dapatkan alamat cryptocurrency Bitcoin. Sehingga akan diterima secara global.” Namun, beberapa juga menyuarakan keprihatinan mereka atas potensi Angkatan Bersenjata Ukraina menerima sumbangan kripto.

Pengguna “MMusikwolf ” menulis:

“Jangan sumbangkan kripto. Nilainya terlalu berfluktuasi sehingga tidak berguna dalam pengertian ini. [Fiat] Uang memiliki likuiditas tertinggi dari semua aset dan dengan demikian dapat digunakan paling cepat.”

Akan tetapi yang lain, seperti BiggieWhale, dengan cepat menunjukkan bahwa mata uang stablecoin digital seperti USDT dipatok ke dolar Amerika Serikat dan oleh karena itu, secara teoritis, tidak mengalami tingkat volatilitas harga yang sama.

Setidaknya satu organisasi non-pemerintah Ukraina, Come Back Alive, saat ini sudah menerima donasi BTC, yang disumbangkan untuk Angkatan Darat Ukraina.

Akibat agresi  militer Rusia, aset global dan harga valuta asing, termasuk nilai Bitcoin (BTC) dan hryvnia Ukraina, saat ini mengalami aksi jual yang tajam.

CEO FTX Sam Bankman-Fried mengomentari masalah destabilisasi mata uang di Eropa Timur karena invasi ini. Dalam utas Twitter yang panjang, Bankman-Fried menulis analisa yang cukup tajam.

“Jika Anda berada di Ukraina sekarang, di mana Anda akan mempercayai uang Anda?" ungkap Bankman-Fried dalam cuitannya. “Dan yang lebih penting, mungkin ada perang. Itu sangat buruk bagi dunia. Persetan semua barang harga ini. Pergi keluar dan lakukan sesuatu yang baik untuk seseorang.”

Menurut pemerintah Ukraina, seperti dilaporkan oleh Cointelegraph, terdapat 40 orang tewas pada jam-jam pertama invasi Rusia, sementara  beberapa lusin orang juga terluka. Selain menargetkan instalasi militer Ukraina, ada laporan rudal Rusia mengenai infrastruktur penting seperti bandara dan perusahaan sipil..