Usai Epic Games, Kini Giliran Facebook yang Turut Melawan Kebijakan Apple
Ilustrasi Facebook (Image by Thomas Ulrich from Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook kini ikut bergabung dalam perang melawan Apple. Raksasa media sosial tersebut menuduh Apple merugikan pelaku bisnis kecil dengan mengenakan pajak dalam aplikasi sebanyak 30 persen yang sudah lama ada.

Tuduhan itu muncul satu hari setelah Epic Games, pembuat video gim Fortnite, menggugat Apple ke pengadilan. Lantaran menghapus gim Fortnite dari App Store.

Perlawanan ini datang saat Facebook meluncurkan seperangkat fitur dan layanan baru untuk bisnis kecil. Di mana Facebook tengah menjaring pengguna dari seluruh dunia untuk mengikuti acara online yang digelar oleh bisnis kecil.

Perbandingan komisi di iOS dan Android (dok. Techcrunch)

"Untuk mendukung bisnis kecil dan kreator, Facebook tidak akan memungut biaya apa pun dari acara online berbayar setidaknya untuk tahun depan. Untuk transaksi di web, dan di Android di negara tempat kami meluncurkan Facebook Pay, bisnis kecil akan menyimpan 100 persen pendapatan yang mereka hasilkan dari acara online berbayar," ujar kepala Aplikasi Facebook, Fidji Simo seperti dikutip dari TechCrunch, Sabtu 15 Agustus.

Sayangnya, Apple tak mengizinkan aplikasi media sosial itu untuk menarik biaya pembayaran secara mandiri bagi pengguna iOS. Di mana setiap tarif yang akan ditetapkan bakal dikenakan pajak komisi 30 persen. Di mana Google justru tidak menarik biaya apapun dari event yang diselenggarakan Facebook di platform android.

"Kami meminta Apple untuk mengurangi pajak App Store 30 persen atau mengizinkan kami menawarkan Facebook Pay sehingga kami dapat menanggung semua biaya untuk bisnis yang berjuang selama COVID-19. Sayangnya, mereka menolak permintaan kami dan UKM hanya akan dibayar 70 persen dari mereka. pendapatan yang diperoleh dengan susah payah," ungkap Simo.

Diketahui, biaya yang dibebankan Apple melalui toko aplikasinya telah dikritik selama bertahun-tahun, tetapi investigasi anti-trust yang sedang berlangsung di Amerika Serikat (AS) dan Eropa telah menjadikannya topik yang sangat sensitif bagi pembuat iPhone tersebut.

Sebagian besar perusahaan pengembang meminta Apple untuk tidak menarik pajak komisi yang terlalu besar dari setiap transaksi aplikasi. Tak hanya Facebook atau gim Fortnite, Apple juga pernah dikritik layanan streaming musik Spotify karena terlalu memonopoli.