Bisnis Makanan Cepat Saji Kian Meroket, Ini Tips Suksesnya
Aplikasi kasir online akan memudahkan bisnis makan cepat saji. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA  - Makanan cepat saji atau fast food termasuk salah satu bisnis kuliner yang kini kian diminati di Indonesia. Bukan hanya merek fast food dari luar negeri, pebisnis lokal kini semakin marak meningkatkan brand fast food-nya.

Supaya tidak kalah dari brand luar negeri, ada banyak strategi yang harus diterapkan. Pelayanan yang cepat dengan memanfaatkan aplikasi kasir online dari Majoo akan menghindari menumpuknya konsumen di depan meja kasir.

Software kasir juga membantu untuk menghindari dalam kesalahan pemesanan dari konsumen. Penasaran bagaimana cara agar omset dari bisnis makanan cepat saji semakin meroket? Intip langsung tipsnya.

Kiat Sukses Membangun Bisnis Kuliner Cepat Saji

Tingkat kesulitan untuk meningkatkan usaha makanan cepat saji cukup tinggi karena hadirnya brand-brand makanan dari luar negeri. Padahal dengan resep yang sama, Anda bisa menjual makanan yang sama dengan harga jauh lebih murah.

Selama Anda bisa menciptakan menu yang rasa kelezatanya tidak kalah, maka meningkatkan omset dalam bisnis fast food hanya tinggal menghitung waktu saja. Setidaknya Anda bisa melihat perkembangan dari tiga bulan pertama.

Mengenai bagaimana cara yang sebaiknya dilakukan supaya usaha cepat berkembang, beberapa trik berikut ini diikuti.

1. Promosi yang Gencar dalam Tiga Bulan Pertama

Bagaimana cara agar banyak orang tahu usaha kuliner adalah dengan promo besar-besaran. Di sinilah saatnya Anda untuk mengeluarkan banyak uang untuk marketing, tapi pastikan terarah.

Pada opening pertama Anda bisa memberikan bonus makanan untuk 100 konsumen pertama atau sejenisnya. Adakan juga promo kupon, bisa bekerja sama dengan usaha lainnya untuk membagikan kupon tersebut.

Bisa juga promosi berupa buy one get one bisa jadi trik agar konsumen menghabiskan lebih banyak uang. Trik ini masih terus digunakan oleh banyak resto fast food sampai saat ini.

2. Produk Limited Edition

Cobalah untuk memperhatikan resto fast food yang sudah ternama, pasti banyak sekali menu limited edition yang bertahan dua hingga tiga bulan. Hadirnya produk edisi terbatas ini akan menjaring lebih banyak konsumen yang memiliki rasa penasaran.

Seperti apakah rasa dari produk baru yang dikeluarkan dan mereka tidak akan takut mengeluarkan lebih banyak uang. Di sinilah Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Konsekuensinya Anda perlu melakukan inovasi terhadap menu-menu limited edition ini. pastikan menu yang Anda sajikan mampu menjawab rasa penasaran konsumen.

3. Menyediakan Menu Kids Meal

Dibandingkan paket murah, menu seperti kids meal jauh lebih menarik. Banyak sekali orang tua yang pasti akan memilih kids meal untuk anak-anak mereka. Bahkan tidak sedikit juga lho orang dewasa yang membeli kids meal karena harganya jauh lebih murah.

Pada even tertentu Anda juga bisa menaikkan penjualan kids meal dengan memberikan hadiah tertentu. Contohnya seperti mainan atau produk tertentu yang mungkin sedang tren.

4. Menyediakan Upgrade Size

Nah, jika Anda ingin mendapatkan omset yang jauh lebih besar lagi perlu disesuaikan upgrade size. Tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dalam produk tertentu dan menjadi trik bagi masyarakat yang ingin membeli produk lebih murah.

Upgrade size ini bisa diberikan pada menu paket. Misalnya saja Anda memiliki produk pizza dan aneka side dish seperti nugget atau kentang. Maka tambahkan upgrade size pada menu side dish atau juga minumannya.

Harga upgrade pun jauh terlihat lebih murah daripada konsumen harus membeli item yang sama secara terpisah. Anda perlu melakukan perhitungan soal upgrade size ini secara teliti agar tidak mengalami kerugian.

5. Melatih Karyawan agar Lincah dalam Menawarkan

Kunci sukses produk Anda bisa terjual laris berasal dari kelincahan karyawan yang menawarkan produk. Supaya mudah, Anda bisa membuat standar operasional prosedur kepada karyawan menu apa saja yang harus ditawarkan.

Pastikan pada SOP tersebut karyawan harus menawarkan produk kids meal ketika mereka membawa anak, upgrade size dan juga menu-menu yang hendak di upsell setiap harinya.

Selama karyawan konsisten melakukanya maka menu-menu yang disediakan pasti banyak lakunya. Terakhir adalah selalu konsisten dalam menciptakan menu makanan, rasa yang enak dan bisa membuat konsumen ingin terus makan adalah kuncinya.