Tanda Dinamo Starter Mobil Rusak: Berikut Penjelasan Beserta Penyebabnya
Foto ilustrasi. (Gambar Marc St-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Apakah kalian pernah mendapatkan kendala ketika menyalakan mesin mobil? Bisa jadi dikarenakan dinamo mobil yang bermasalah atau mengalami kerusakan. Kalian hanya perlu tahu tanda dinamo starter mobil rusak.  Bagaimana ciri-cirinya?

Pasalnya, dinamo starter sendiri merupakan alat yang bertugas untuk memutar gigi flywheel di mesin supaya mobil bisa menyala. Apabila alat ini mengalami kerusakan, tentu saja mobil bakalan sulit untuk menyala. Berikut beberapa tanda-tandanya.

Tanda Dinamo Starter Mobil Rusak

1. Mesin Susah Dinyalakan dalam Keadaan Panas

Tanda-tanda yang menunjukkan dinamo starter alami kerusakan yaitu, mesin mobil yang susah dinyalakan setelah selesai digunakan dalam kondisi panas. Jadi, Kalian wajib mendiamkan mobil tersebut dalam kondisi mati selama beberapa saat hingga mesin dingin, baru mobil dapat dinyalakan kembali.

Perihal ini berlangsung akibat resistansi kumparan yang jumlahnya terus menjadi besar, sehingga menimbulkan arus listrik tersendat. Apabila arus listrik tersendat, maka mobil bakal sulit menyala. Bila mobil Kalian alami perihal semacam ini, hendaknya lekas cek keadaan dinamo starter mobil sebelum kerusakan yang dialami semakin parah.

2. Bunyi Mendesing serta Gemeretak

Bila Kalian mendengar bunyi mendesing serta gemeretak kala Kalian hendak menyalakan mobil, bisa jadi bunyi itu muncul akibat dinamo starter mobil bermasalah.

Bunyi ini muncul dari terdapatnya kaitan antara gigi pada gear pinion dengan gigi yang terdapat pada ring gear mesin. Bila kedua gear pada dinamo starter ini aus ataupun rusak, bakal muncul bunyi mendesing serta gemeretak. Bila suaranya terdengar semakin kencang, tandanya kerusakan pada gear sudah semakin parah.

3. Mobil Tidak Bereaksi Saat Distarter

Mobil yang tidak bereaksi kala distarter pula menggambarkan ciri-ciri kalau dinamo starter alami kerusakan. Perihal ini bisa terjadi akibat dinamo yang tidak kuat memutar mesin, sehingga mobil tidak bereaksi. Umumnya, penyebabnya merupakan sekring pada dinamo yang putus. Sekring yang putus harusnya lekas diganti sebab bila dibiarkan maka dapat menulari komponen kelistrikan yang lain pada dinamo.

Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

1. Aki atau Arus Listrik Bermasalah

Adapun penyebab pertama yang mengakibatkan dinamo rusak ialah karena arus listrik atau aki bermasalah. Pasalnya, aki merupakan alat kelistrikan yang mensupport faktor kelistrikan pada mobil. Apabila aki bermasalah, maka suplai listrik dari aki ke dinamo bakal melemah, hal itu membuat dinamo tidak dapat berfungsi dengan normal. Akibatnya mesin mobil tidak bisa menyala.

2. Memforsir Dinamo Bekerja

Aspek berikutnya yang dapat jadi pemicu dinamo starter mobil rusak yakni memforsir dinamo buat bekerja. Bila dinamo starter mobil alami permasalahan tetapi Kalian tetap memaksa buat menyalakan mobil, maka bakal menimbulkan permasalahan yang lebih serius pada dinamo starter mobil. Memforsir dinamo bakal membuat dinamo jadi panas. Panas yang muncul bisa membakar komponen-komponen lain yang terdapat di sekitar dinamo.

3. Carbon Brush pada Dinamo Starter Mulai Habis

Terakhir, dinamo starter mobil dapat alami kerusakan akibat carbon brush pada dinamo starter mulai habis. Bila putaran dinamo melemah serta timbul suara-suara aneh saat mobil dinyalakan, bisa jadi itu merupakan ciri kalau carbon brush pada dinamo mulai habis serta wajib diganti.

Itu tadi beberapa ciri-ciri dinamo starter mobil yang rusak beserta penyebab yang butuh Kalian tahu. Biar dinamo starter mobil Kalian senantiasa awet, Kalian dapat menerapkan beberapa hal buat menghindari terjadinya kerusakan pada dinamo, di antaranya ialah rutin mengecek keadaan dinamo, teratur mengecek keadaan aki mobil, segera mengganti carbon brush dinamo dengan yang baru bila telah menipis, serta tidak memforsir menyalakan mesin mobil bila mobil tidak dapat hidup.

Tidak hanya itu, apabila dinamo mobil Kalian mengalami kerusakan, Kalian dapat segera memanggil bantuan tenaga profesional buat memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan yang semakin parah.

Jadi setelah mengetahui tanda dinamo starter mobil rusak, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait